Breaking News:

Pasien Covid-19 di Indonesia Melonjak 352 Persen, Pemerintah Terpaksa Impor Tabung Oksigen

Kasus Covid-19 di Indonesia semakin menghawatirkan. Angka pasien Covid-19 naik 352 persen sebulan terakhir.

TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
ilustrasi-Petugas menata tabung oksigen. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Kasus Covid-19 di Indonesia semakin menghawatirkan. Angka pasien Covid-19 naik 352 persen sebulan terakhir.

Untuk mengatasi kelangkaan tabung oksigen, Pemerintah berencana mengimpor tabung oksigen di tengah lonjakan kasus Covid-19.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengaku telah berkoordinasi dengan kementerian terkait soal rencana impor tabung oksigen 6 meter kubik dan 1 meter kubik.

”Kami sudah berkoordinasi dengan Menteri Perindustrian untuk mengimpor tabung 6 meter kubik dan 1 meter kubik untuk memenuhi ruang-ruang darurat tambahan yang ada di rumah sakit,” ujar Budi dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR, di Jakarta, Senin (5/7/2021).

Menurut Budi Gunadi, proses distribusi oksigen liquid ke rumah sakit dalam volume besar menggunakan tangki tak maksimal dalam memenuhi kebutuhan pasien Covid-19.

Kebutuhan tabung oksigen oleh mayoritas rumah sakit saat ini meningkat seiring bertambahnya kamar darurat.

”Sehingga kami juga melihat ada isu di distribusi yang tadinya bisa kirim langsung memasukkan ke tangki besar liquid untuk didistribusikan dengan jaringan oksigen, sekarang harus dilakukan dalam bentuk tabung,” katanya.

Budi juga menyebut jika dalam satu bulan terakhir terjadi lonjakan pasien Covid-19 hingga 352 persen.

”Sebelum lebaran jumlah pasien Covid ada 23 ribu dan jumlah tempat tidur yang tersedia pada saat itu 75 ribu. Jadi tiga kali lipat dari jumlah pasien. Dalam satu bulan atau lima minggu terakhir, jumlah pasien naik dari 23 ribu sekarang sudah menyentuh 81 ribu, hampir 3,5 kali lipat,” ujarnya.

Baca juga: Gara-gara Video Emak-emak di Padang Ngaku Tak Takut Corona, Restoran Bebek Ini Jadi Kena Masalah

Budi Gunadi menjelaskan, total tempat tidur di rumah sakit seluruh Indonesia sebesar 389 ribu. Sesuai SE yang telah dikeluarkan, 30 persen dari total tempat tidur dialokasikan untuk pasien Covid-19 atau 130 ribu dari 389 ribu tempat tidur.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved