Breaking News:

Health and Beauty

Apakah Anda Sedang Tidak Baik-baik Saja? Kasus Kesehatan Mental Meningkat 70 Persen Selama Pandemi

Kesehatan mental saat ini menjadi isu yang banyak dibicarakan,baik dari kalangan remaja maupun orang dewasa. Jika dulu membicarakan

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Fifi Suryani
Apakah Anda Sedang Tidak Baik-baik Saja? Kasus Kesehatan Mental Meningkat 70 Persen Selama Pandemi
Instagram @priya_1393
Ilustrasi stress

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kesehatan mental saat ini menjadi isu yang banyak dibicarakan,baik dari kalangan remaja maupun orang dewasa. Jika dulu membicarakan kesehatan mental merupakan hal yang tabu, sekarang orang-orang sudah mulai peduli dan terbuka dengan kesehatan mental.

Psikolog, Elvin Rosalina, SSpi Mspi, menjelaskan kenapa orang mulai gampang stress? Dibuktikan dengan meningkatnya kasus kesehatan mental. Juga menjelaskan, bagaimana secara umum tahu bahwa kita sedang tidak baik-baik saja? Serta tips singkat pertolongan pertama saat mental sedang tidak baik-baik saja?

•Kenapa orang-orang mulai gampang stress ?

Permasalahan mental timbul ketika seseorang sulit mengatasi permasalahan dan itu yang membuat stress. Peningkatan kasus kesehatan mental cukup signifikan, banyak orang-orang yang mulai stress, mulai bingung memecahkan masalah, terutama di masa pandemi seperti sekarang, ada yang kehilangan pekerjaan, sulit mendapat pekerjaan dan permasalahan lainnya.

"Sebenarnya permasalahan kesehatan mental sudah dari dulu, tapi dulu masih tabu, namun sekarang orang-orang sudah mulai peduli," jelasnya.

"Untuk masa pandemi, terutama dalam dua tahun terakhir 2020/2021, kasus yang masuk mengalami kenaikan sekitar 70 persen yang terkait konser individual sedangkan sebelumnya lebih banyak kasus dari industri dan organisasi," ucapnya.

Melihat kondisi tersebut, membuktikan bahwa secara pribadi orang-orang sudah mulai peduli dengan kesehatan mental dan menyadari membutuhkan bantuan.

•Bagaimana secara umum tahu bahwa kita sedang tidak baik-baik saja?

Ada 3 karakteristik ciri-ciri utama sedang mengalami stress, ada dari kondisi fisik, kondisi emosional dan kondisi sosial.
- Pertama kondisi fisik, kondidi fisik itu seperti sulit tidur, yang awalnya tidak pernah pusing atau nyeri jadi sering pusing dan nyeri, nyeri tulang belakang.

Nyeri pada bagian pundak, punggung belakang, leher terasa kaku, mudah lelah yang biasa ngetik satu atau 2 jam dan saat stress belum satu jam sudah kelelahan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved