Oknum Polisi Dipecat

Satu Personel Polres Batanghari pada 2021 Diberhentikan Tidak Hormat Setelah Tersandung Masalah

Berita Batanghari-IPDA Esap Susanto menuturkan jumlah personel yang dinyatakan tersandung masalah pada 2021 ini berjumlah tiga kasus

Penulis: A Musawira | Editor: Nani Rachmaini
KOMPAS/DIDIE SW
Ilustrasi anggota polisi dipecat. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN-Kasi Propam Polres Batanghari, IPDA Esap Susanto menuturkan jumlah personel yang dinyatakan tersandung masalah pada 2021 ini berjumlah tiga kasus.

Di antaranya adalah satu personel dilakukan Pemberhentian Dengan Tidak Hormat (PTDH).

Personel yang mengalami PTDH tersebut telah menjalani proses sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP).

Jenis kasus pelanggaran disiplin polri sesuai Perkap nomor 02 tahun 2003 tentang peraturan disiplin Polri dan terkait pemberihentian anggota polri/kode etik profesi polri (KEPP) sesuai Perkap nomor 01 tahun 2003.

Ia mengatakan pada 2020 yang lalu jumlah personel yang tersandung masalah sebanyak 10 kasus dan pada 2021 ini sampai Juli ada tiga kasus.

“2021 ini ada 1 kasus desersi dengan inisial E dan dilakukan PTDH,” kata AKBP Heru Ekwanto Kapolres Batanghari melalui Kasi Propam, IPDA Esap Susanto, Kamis (1/7/2021).

Namun kata dia dari jumlah kasus disiplin polri pada 2020-2021 itu paling dominan personel tidak masuk dinas tanpa adanya keterangan dan ada kasus penyalahangunaan narkotika.

Sementara itu, untuk menekan angka disiplin seorang anggota polri pihaknya selalu melakukan kegiatan penegakan disiplin polri secara berkala (Gaktiplin).

Kemudian, untuk mengantisipasinya pihaknya melakukan pembinaan diinternal untuk mencegah personil polri yang bermasalah dengan kegiatan cara Binrohtal (pembinaan rohani dan mental) dan sosialisasi peraturan perundang-undangan.

“Pengawasan personel kita perketat sebagai pelindung, mengayomi masyarakat. Untuk mengawasi anggota, personel kita masih tergolong cukup,” pungkasnya.

Baca juga: Tak terima Putusan MK Terkait Pilkada, Massa di Papua Bakar Gedung KPU, Bank hingga Bawaslu

Baca juga: Sebaran Pasien Meninggal Akibat Covid-19: Jambi: 4 orang, Jawa Barat 65 Orang, Jawa Tengah 180 Orang

Baca juga: Kementrian ESDM Buka CPNS 2021, Ini Berkas yang Harus Disiapkan dari Sekarang di sscasn.bkn.go.id

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved