Breaking News:

Kunci Jawaban

Pengertian dan Jenis jenis Puisi, Ada Puisi Lama dan Puisi Modern

Berita Jambi, sebelum memulai membuat puisi yuk kita cari tahu pengertian atau makna puisi

Editor: Fitri Amalia
shutterstock
Ilustrasi menulis 

TRIBUNJAMBI.COM - Apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan puisi?

Sebelum memulai membuat puisi yuk kita cari tahu pengertian atau makna puisi.

Menyalin dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Puisi atau sajak adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, mantra, rima serta penyusunan larik dan bait.

Dalam puisi biasanya berisi ungkapan apa yang dirasakan penulis baik itu emosi, pengalaman hingga kesan yang kemudian dituliskan dengan bahasa yang baik sehingga dapat berima dan enak dibaca Tribunners.

Menurut para ahli di bidang sastra satu di antaranya Sumardi, berpendapat bahwa puisi adalah sebuah karya sastra dengan menggunakan bahasa yang telah dipadatkan, dipersingkat serta diberi irama bunyi sehingga dan memiliki kata-kata bermakna kiasan atau imajinatif.

Kalau menurut H.B Jassin, penertian puisi adalah suatu karya sastra yang diucapkan dengan perasaan dan memiliki gagasan atau pikiran serta tanggapan terhadap suatu hal atau kejadian tertentu.

James Reeves juga mengemukakan pendapatnya soal pengertian puisi. Menurutnya puisi merupakan ungkapan bahasa yang memiliki kaya serta daya pikat.

Selain Sumardi, H.B Jassin serta James Reeves, ahli sastra lain yakni Herman Waluyo mengatakan puisi adalah suatu karya sastra yang mengungkapkan pikiran serta perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan memfokuskan kekuatan bahasa dalam struktur fisik serta struktur batin.

Dari pengertian yang dikemukakan oleh para ahli dan KBBI dapat disimpulkan puisi adalah karya sastra yang berisi tanggapan serta pendapat penyair mengenai berbagai hal. Pemikiran penyair ini lalu dituangkan dengan menggunakan bahasa-bahasa yang apik dan juga memiliki struktur batin dan fisik khas penyair.

Pemikiran penyair dituliskan dengan menggunakan beragam pemilihan kata yang indah, sehingga dapat memikat para pembaca. Puisi memiliki nilai estetika yang berbeda-beda bergantung penulis puisi. Setiap penyair biasanya memiliki kekhasan dalam menulis puisinya.

Baca juga: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 120-131

Jenis-Jenis Puisi

Mengutip dari Gramedia.com, puisi itu memiliki dua jenis yang umum, yakni puisi lama dan puisi modern.

Jenis-jenis puisi lama berupa pantun, syair, talibun, mantra dan gurindam.

Puisi lama, yakni mantra merupakan jenis puisi yang dicipatakan dalam kepercayaan animism, biasanya dibacakan dalam acara ritual kebudayaan serta menggunakan kata yang dapat menimbulkan efek bunyi magis.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved