Breaking News:

Berita Sarolangun

10 Hektare Lahan Eks PETI Bakal Direvitalisasi Pemkab Sarolangun, Panca Karya Jadi Desa Pertama

Suhardi sohan, Kabid penataan dan peningkatan kapasitas DLH Sarolangun, mengatakan dalam tahap awal telah mengusulkan 10 hektare lahan untuk direhab m

Penulis: Rifani Halim | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
istimewa
10 Hektare Lahan Eks PETI Bakal Direvitalisasi Pemkab Sarolangun, Panca Karya Jadi Desa Pertama 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sarolangun mewacanakan kegiatan revitalisasi di lokasi bekas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) seluas 10 hektare.

Suhardi sohan, Kabid penataan dan peningkatan kapasitas DLH Sarolangun, mengatakan dalam tahap awal telah mengusulkan 10 hektare lahan untuk direhab melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Kemarin ada satu kunjungan dari KLHK bidang pemulihan lahan, kita diminta membuat semacam proposal yang sudah kita garap dan tinggal pembuatan peta lokasi," katanya, Selasa (28/6/2021).

Katanya, tahap pertama yang akan dilakukan pihaknya akan menormalisasi kondisi lahan itu dengan harapan kedepan masyarakat bersama-sama melakukan pemulihan.

"Untuk sementara kita coba dulu di panca karya, kebetulan ini lahannya kepala desa keluarganya dengan persyaratan dihibahkan kepada desa," ungkap Sohan.

Dia menjelaskan untuk proses yang dilalui pertama-tama lahan tersebut harus milik pemerintah desa baru bisa ditindak lanjuti.

"Jika belum tidak bisa, harus dihibahkan kepada desa baru dilakukan pemulihan. Kedepan lahan ini yang akan menjadi percontohan," ungkapnya.

Sejauh ini, Sohan mengungkapkan pemerintah pusat telah memberi lampu hijau dalam wacana revitalisasi dikawasan tersebut. Untuk itu, pihaknya juga diminta segera melayangkan proposal tersebut ke pusat.

"Nilai rupiahnya berapa kita belum tau karena ini baru proposal, kita nanti ada tim kajian khusus dari KLHK untuk lahan ini dijadikan apa," tutupnya.

Baca juga: Gelar Pers Rilis Kasus Penembakan dan Senpi, Polda Jambi Sita Tujuh Pistol dan Puluhan Peluru

Baca juga: Mengaku unutk Beli Kuota Internet, Remaja Ini Terlibat Pencurian Kabel PT Waskita di Pemayung

Baca juga: Fadjroel Rachman Kerap Dibuat Sakit Kepala Selama Jadi Jubir Presiden Karena Pertanyaan Ini

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved