Breaking News:

Health and Beauty

Bicara Hak Kesehatan Reproduksi Perempuan, Mengapa Harus Pembalut Kain?

Hingga saat ini masih banyak perempuan yang belum mendapatkan kesejahteraan khususnya kesejahteraan dalam kesehatan reproduksi.

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Fifi Suryani
TRIBUNJAMBI/ADE SETYAWATI
Bentuk Kepedulian Fakultas Sains dan Teknologi UIN STS Jambi Kepada Wanita Disabilitas Adakan Workshop Pembalut Kain. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Hingga saat ini masih banyak perempuan yang belum mendapatkan kesejahteraan khususnya kesejahteraan dalam kesehatan reproduksi.

Topik ini menjadi bahasan dalam Webinar Perempuan Bantu Perempuan bertajuk "Bicara Hak Kesehatan Reproduksi melalui Gerakan Pakai Pembalut Kain", Selasa (15/6) lalu secara virtual.

Webinar digelar Beranda Perempuan, UIN STS Jambi, Biyung Indonesia, Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia, Gonau, dan Kompas.

Dalam webinar ini dijelaskan, kenapa perempuan belum mendapat kesejahteraan dalam kesehatan reproduksi? Apa yang dapat dilakukan dalam persoalan tersebut? Dan kenapa harus pembalut kain?

Banyak faktor penyebab dari hal tersebut, mulai dari kurang nya kesadaran, kemiskinan dan faktor lain, meliputi:

Minimnya (bahkan nihil) pengetahuan dan akses informasi tentang hak kesehatan reproduksi, kemiskinan, diskriminasi, alih fungsi lahan kerusakan dan pencemaran lingkungan, dan belum stabilnya sistem kebijakan.

"Selain hal tersebut, ada 3 poin yang juga menjadi penyebab dimana perempuan belum mendapatkan kesejahteraan dalam kesehatan reproduksi," jelas Zubaidah dari Beranda Perempuan.

"Yang pertama hak atas kesehatan reproduksi belum menjadi prioritas, kedua maraknya perkawinan usia anak: melahirkan generasi sandwich, generasi sandwich adalah generasi yang masih muda sudah menanggung beban keluarga dan ketiga tidak memiliki pengetahuan hak atas menstruasi yang sehat," lanjutnya.

Apa yang dapat dilakukan dalam persoalan tersebut? Ada 3 poin yang dapat dilakukan dan menjadi solusi masyarakat yang terdampak.

Pertama, edukasi: terutama untuk pemahaman tentang ketubuhan dan kesadaran tentang feminitas perempuan, dan penggunaan pembalut kain yang banyak manfaat.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved