Breaking News:

Berita Internasional

Taiwan Bisa Bernapas Lega Usai Didukung 7 Negara Besar G7 Agar Terbebas dari Belenggu China

Taiwan juga berhasil mendapatkan dukungan yang sebelumnya tak pernah terjadi dari G7, kelompok negara-negara demokrasi besar.

Editor: Andreas Eko Prasetyo
USNI News
Militer Taiwan 

TRIBUNJAMBI.COM, TAIPEI - Taiwan sambut baik kesepakatan yang ditentukan dalam KTT G7 di Cornwall, Inggris, bulan ini.

Pasalnya sejumlah kesepakatan seperti pemberian dukungan terhadap Taiwan dalam melindungi kedaulatannya turut disepakati antara negara dalam forum tersebut.

Taiwan juga berhasil mendapatkan dukungan yang sebelumnya tak pernah terjadi dari G7, kelompok negara-negara demokrasi besar.

Melansir dari Reuters, para pemimpin G7 pada Minggu (14/6) menegur China terkait pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang.

G7 juga menyerukan Hong Kong untuk menjaga otonomi tingkat tinggi, serta menggarisbawahi pentingnya perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

Juru bicara Kantor Kepresidenan Taiwan Xavier Chang mengatakan, ini merupakan pertama kalinya komunike para pemimpin G7 menekankan pentingnya perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

ILUSTRASI. Para pemimpin negara anggota G7 menghadiri sesi kerja selama KTT G7 di Carbis Bay, Cornwall, Inggris, 12 Juni 2021. (Reuters/Via Kontan)

Hal ini juga jadi pertama kalinya Taiwan menjadi pembahasan utama dalam pertemuan itu.

Chang turut menambahkan, Taiwan dan negara-negara anggota G7 telah berbagi nilai-nilai dasar seperti demokrasi, kebebasan, dan hak asasi manusia.

"Taiwan pasti akan mematuhi perannya sebagai anggota kawasan yang bertanggungjawab, dan juga akan dengan tegas mempertahankan sistem demokrasi dan menjaga nilai-nilai universal bersama," ujar dia, seperti dikutip Reuters.

Menurut Chang, Taiwan pun akan terus memperdalam mengenai kemitraannya dengan negara-negara G7 dan negara-negara lain yang memiliki pandangan yang sama, serta berusaha untuk mendapatkan dukungan yang lebih besar dari komunitas internasional.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved