Breaking News:

Berita Bisnis

Sebanyak 112 Ribu Hektare Kebun Sawit di Jambi akan Diremajakan

Provinsi Jambi memiliki kebun sawit seluas 1.134.640 hektar. Dari luas tersebut, sekitar 23 ribu hektar kebun sawit milik BUMN

tribunjambi/vira ramadhani
Panca Pria, Kabid Pengembangan Perkebunan Provinsi Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Provinsi Jambi memiliki kebun sawit seluas 1.134.640 hektar. Dari luas tersebut, sekitar 23 ribu hektar kebun sawit milik BUMN, lalu hampir 500 hektar kebun sawit milik perusahaan, dan seluas 600 hektar lebih, kebun sawit milik swadaya (masyarakat).

Panca Pria, Kabid Pengembangan Perkebunan Provinsi Jambi mengatakan, Permasalahan sawit di Jambi saat ini, yaitu masih banyaknya petani yang menanam sawit dengan bibit asalan, karena kurang ilmu pengetahuan, informasi, teknologi dan modal sehingga membuat produktivitas hasil sawit rendah.

“Akibat bibit asalan akan merugikan petani itu sendiri, dampaknya sampai 70 persen dari hasil sawit yang seharusnya. Jika bibitnya asalan dalam satu hektar hanya mendapatkan hasil 400 - 500 kilogram harusnya bisa menghasilkan 3 ton,” ujarnya di Kantor Dinas Pekebunan Provinsi Jambi, Rabu (2/6/2021).

Lanjutnya, Dalam pembangunan perkembangan usaha sawit harus ada perencanaan yang jelas.

“Untuk melakukan pengembangan usaha sawit harus paham ilmu yang pasti, sumber benih atau bibit yang jelas dan bagus. Lalu, pupuk yang bagus, proses dan tata cara mengelola kebun sawit yang baik,” ucapnya

Dikatakannya, untuk menghindari terjadi penggunaan bibit yang tidak jelas, yang berakibat rendahnya tingkat produktivitas hasil sawit, pemerintah telah merekomendasikan sumber bibit yang jelas dan bagus bagi petani sawit.

“Dari luas 600 hektar kebun sawit swadaya (masyarakat), terdata yang menggunakan bibit asalan sebanyak 40 persen,” katanya.

Panca mengatakan, Badan pengelola dana perkebunan kelapa sawit (BPDPKS) yang bertugas menghimpun dana pajak CPO ekspor. Dana tersebut akan dibagikan lagi untuk masyarakat atau petani sawit, untuk peremajaan sawit, untuk jalan rusak, untuk pupuk dan sebagainya.

Peremajaan kebun sawit dilakukan sebagai upaya untuk peningkatan produksi hasil kelapa sawit. Peremajaan dilakukan pada kebun sawit usia lanjut yang telah 25 tahun dan pembinaan dini, pembimbingan kepada perani sawit yang kurang ilmu, informasi terkait pengembangan usaha sawit.

“Untuk luas kebun sawit di Jambi yang harus diremajakan saat ini seluas 112 ribu hektar,” ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Vira Ramadhani
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved