Breaking News:

Empat Pemuda Sarolangun Raih Beasiswa Utusan Daerah ke Institut Pertanian Bogor

Pemkab Sarolangun akan berangkat empat calon mahasiswa baru (Maru) ke Institut Pertanian Bogor. Setelah mengikuti proses seleksi, 4 orang

Rifani halim
Helmi Kadisdik Sarolangun 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Pemkab Sarolangun akan berangkat empat calon mahasiswa baru (Maru) ke Institut Pertanian Bogor. Setelah mengikuti proses seleksi, 4 orang tersebut berhasil lolos mendapatkan Beasiswa Utusan Daerah (BUD).

Kadis Dikbud Sarolangun Helmi mengatakan, BUD merupakan salah satu program Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun yang bekerjasama dengan IPB, dalam hal ini adalah kerjasama di bidang pendidikan.

"Untuk tahun 2021 ini kita menganggarkan sesuai dengan kemampuan daerah yakni 4 orang, yang akan disekolahkan ke IPB," ungkap Helmi, Jum'at (28/5). Lanjutnya, jumlah calon mahasiswa baru yang telah mengajukan berkas peserta BUD,sedikitnya ada 24 orang.

Dalam sosialisasi kepada para calon mahasiswa, disampaikan langsung oleh Direktur BUD IPB,Dr. Ibnu Khoim melalui zoom meeting.

"Kita juga hadirkan orang tua calon mahasiswa penerima BUD dalam sosialisasi tersebut, supaya dapat arahan dari pihak IPB,” ungkap Helmi, Jumat (28/5).

Terkait mekanisme BUD, kata dia, secara finansial ditanggung oleh pemerintah daerah selama proses pendidikannya di IPB selesai. Untuk mahasiswa baru, selama setahun biaya untuk tempat tinggalnya akan dibayar selama satu tahun.

"Untuk tahun pertama selain SPP kuliah, biaya tempat tinggalnya pun ditanggung oleh Pemda," katanya.

Untuk jurusan, pihaknya tidak membatasi, semua diserahkan kepada calon mahasiswa. Tergantung ketertarikannya pada bidang tertentu.

"Tidak mesti pertanian, di IPB ada banyak jurusan tinggal mereka pilih sesuai minat dan kemampuan mereka. Kita tetap memfasilitasinya," katanya.

Penulis: Rifani Halim
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved