Breaking News:

Berita Bisnis

April 2021, Nilai Tukar Petani Provinsi Jambi Urutan Keempat Se-Sumatera, Naik Tipis 0,11 Persen

Deflasi terjadi pada kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau. Sedangkan kelompok Kesehatan

ist
Wahyudin, Kepala BPS Provinsi Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Berdasarkan hasil pemantauan harga-harga perdesaan di sepuluh kabupaten/kota di Provinsi Jambi pada April 2021, Nilai Tukar Petani (NTP) Provinsi Jambi April 2021 sebesar 122,30 atau naik 0,10 persen dibanding NTP bulan sebelumnya.

Wahyudin Kepala BPS Provinsi Jambi menyampaikan, Kenaikan NTP dikarenakan Indeks Harga yang Diterima Petani (It) naik sebesar 0,19 persen sedangkan Indeks Harga yang Dibayar Petani (Ib) naik sebesar 0,08 persen.

Pada April 2021, NTP Provinsi Jambi untuk masing-masing subsektor tercatat sebesar 96,07 untuk subsektor Tanaman Pangan (NTPP); 99,43 untuk subsektor Hortikultura (NTPH); 129,07 untuk subsektor Tanaman Perkebunan Rakyat (NTPR); 99,86 untuk subsektor Peternakan (NTPT); dan 110,49 untuk subsektor Perikanan (NTNP) yang terdiri dari Perikanan Tangkap (NTN) sebesar 113,92 dan Perikanan Budidaya (NTPi) sebesar 98,99.

“Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian (NTUP) Jambi pada April 2021 sebesar 123,85 yang berarti turun sebesar 0,10 persen. Hal ini karena It naik hanya sebesar 0,19 persen sedangkan Indeks BPPBM naik sebesar 0,29 persen,” jelasnya.

Sementara itu, Inflasi perdesaan di Provinsi Jambi tercatat sebesar 0,03 persen. Inflasi terjadi pada empat kelompok konsumsi rumah tangga yaitu kelompok Pakaian dan Alas Kaki; kelompok Perumahan, Air, Listrik dan Bahan Bakar Rumah Tangga; kelompok Perlengkapan, Peralatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga; serta kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya. 

Deflasi terjadi pada kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau. Sedangkan kelompok Kesehatan; kelompok Transportasi; kelompok Informasi, Komunikasi dan Jasa Keuangan; kelompok Rekreasi, Olahraga, dan Budaya; kelompok Pendidikan; serta kelompok Penyediaan Makanan dan Minuman/ Restoran tidak terjadi perubahan indeks.

“Pada April 2021, NTP Provinsi Jambi berada pada urutan ke-empat diantara sepuluh provinsi se-Sumatera yaitu sebesar 122,30,” pungkasnya. (Tribunjambi/Vira Ramadhani)

Baca juga: Rawr Scan One Piece 1014 Perjalanan Hidup Aktor yang Buruk - Kinemon Tebas Kanjuro Berubah Jadi Oden

Baca juga: Wanita yang Selundupkan Sabu ke Lapas Muara Sabak Masukan Narkoba ke Dalam Botol Shampo

Baca juga: Sekolah di SMA/SMK Tak Tertampung, Disdik Harap Masyarakat Juga Mau Daftarkan Anaknya di Swasta

Penulis: Vira Ramadhani
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved