Jenis SIM dan Syarat Membuatnya

SIM yang diterbitkan dapat berbentuk kartu elektronik atau kartu lain dengan spesifikasi teknis sesuai aturan yang ditetapkan dengan keputusan Kapolri

Editor: Suci Rahayu PK
polri.go.id
Ilustrasi SIM 

TRIBUNJAMBI.COM - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia telah menerbitkan Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 tahun 2021 tentang penerbitan dan penandaan Surat Izin Mengemudi pada Februari 2021. 

Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa semua orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan raya wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan jenis kendaran yang dikemudikan.  

Seorang warga melakukan pemotretan untuk mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mapolrestabes Makassar, Sulawesi Selatan.
Seorang warga melakukan pemotretan untuk mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mapolrestabes Makassar, Sulawesi Selatan. (TRIBUN TIMUR/SANOVRA)

SIM yang diterbitkan dapat berbentuk kartu elektronik atau kartu lain dengan spesifikasi teknis sesuai aturan yang ditetapkan dengan keputusan Kapolri. 

Jenis SIM yang diterbitkan meliputi: 

- SIM kendaraan bermotor perseorangan 

- SIM kendaraan bermotor umum, dan 

- SIM internasional

Baca juga: SEHARI 17 Orang Meninggal Dunia karena Virus Corona di Kudus, Wisata Religi Diminta Tutup Sementara

Baca juga: Rio Motret Singgung Celine Evangelista Kemungkinan Cerai dengan Stefan William: Semua yang Terbaik

Golongan SIM juga terbagi menjadi beberapa golongan sebagai berikut sesui dengan Perpol nomor 5 tahun 2021 pasal 3 ayat 2: 

SIM A, berlaku untuk mengemudikan kendaran bermotor dengan jumlah berat yang diperbolehkan paling tinggi 3.500 kg (tiga ribu lima ratus kilogram) berupa mobil penumpang perseorangan dan mobil barang perseorangan. 

SIM A Umum, berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor dengan jumlah berat yang diperbolehkan paling tinggi 3.500 kg (tiga ribu lima ratus kilogram) berupa mobil penumpang umum dan mobil barang umum. 

SIM BI, berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg (tiga ribu lima ratus kilogram) berupa mobil bus perseorangan dan mobil barang perseorangan.Untuk memiliki SIM BI, pengemudi wajib memiliki SIM A atau SIM A Umum yang telah digunakan selama minimal 12 bulan dan berusia minimal 20 tahun. 

SIM BI Umum, berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg (tiga ribu lima ratus kilogram) berupa mobil bus umum dan mobil barang umum. 

Untuk memiliki SIM BI Umum, pengemudi wajib telah mempunyai SIM A Umum atau BI selama 12 bulan dari tanggal diterbitkan dan usia minimal 22 tahun. 

Baca juga: Inilah Jadwal Matchday Grup Neraka Euro 2020, Ada Hungaria Prancis Portugal Jerman

SIM BII, berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor berupa kendaraan alat berat, kendaraan penarik, dan kendaraan dengan menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg (seribu kilogram). 

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved