Home and Garden

Cara Merawat Anggrek di Pot, Berikan Pupuk Cair Setiap Musim Panas

cara merawat anggrek di pot. Tanaman hias yang masih tinggi peminat adalah anggrek. Pilihan warnanya beragam pun dengan jenisnya.

Editor: Nurlailis
PIXABAY/AIDAH
Cara merawat anggrek 

Tribunjambi.com - Simak cara merawat anggrek di pot.

Tanaman hias yang masih tinggi peminat adalah anggrek.

Pilihan warnanya beragam pun dengan jenisnya.

Menanam dan merawat tanaman bunga anggrek bisa jadi rumit karena sangat berbeda dari kebanyakan tanaman hias lainnya.

Namun, dengan sedikit kesabaran, Anda dapat melihat bunga-bunga cantik ini bermekaran. Selain menanam langsung ditanah, tanaman anggrek dapat ditanam di dalam pot.

Melansir dari laman Wiki How, Kamis (27/5/2021), berikut ini cara menanam anggrek di pot serta merawatnya.

Baca juga: Rekomendasi Tanaman Hias yang Cocok Dijadikan Kado, Ada Anggrek dan Bunga Paperwhites

Pilih varietas anggrek

Memiliki nama ilmiah Orchidaceae, anggrek memiliki banyak varietas. Namun, untuk pemula, sebaiknya memilih anggrek cattleya, anggrek moth, atau venus slipper.

Anggrek bisa menjadi tanaman yang rewel dan sulit bertahan hidup. Namun, ketiga varietas tersebut relatif mudah menanam juga merawatnya.

Sebaiknya memilih pot plastik atau tanah liat berukuran kecil. Periksa apakah ada bilah atau lubang di dalam pot sehingga media tanam akan dikeringkan dengan baik.

Akar harus pas ke dalam pot tanpa perlu ditekuk atau dipelintir dan tidak boleh menyisakan terlalu banyak ruang berlebih.

Perlu diketahui, anggrek mendapatkan sebagian besar strukturnya dari akarnya. Bahkan anggrek tumbuh paling baik di pot berukuran lebih kecil agar sistem akarnya lebih padat.
Pilih media tanam

Ada lebih dari 30 ribu jenis anggrek dan berbagai jenis media tanam. Jenis yang umum, di antaranya kulit pohon cemara, pakis pohon, lumut sphagnum, dan perlit.

Anggrek cattleya lebih menyukai kulit kayu cemara yang kasar, kulit kayu cemara sedang paling baik untuk anggrek moth, dan kulit kayu atau lumut halus cocok untuk anggrek venus slipper.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved