Breaking News:

Khazanah Islami

Keutamaan Bersedekah di Hari Jumat, Didoakan Malaikat hingga Mendapat Pahala Setara Bulan Ramadhan

Di hari Jumat seorang Muslim dianjurkan memperbanyak bersedekah agar mendapat keberkahan dan kebaikan dari Allah SWT.

Editor: Heri Prihartono
bestprofit-banjarmasin.com
Bersedekah 

TRIBUNJAMBI.COM - Di hari Jumat seorang Muslim dianjurkan memperbanyak bersedekah agar mendapat keberkahan dan kebaikan dari Allah SWT.
Dengan bersedekah di hari Jumat, seorang Muslim telah mengikuti kebiasaan nabi Muhammad dan sahabat.

Dalam riwayat hadits, ternyata hari Jumat memiliki banyak keutamaan bagi umat Islam yang bersedekah. Berikut keutamaan bersedekah dilansir dari dompetdhuafa.org

Ilustrasi
Ilustrasi (SHUTTERSTOCK Ilustrasi)

1. Mendapat Pahala Besar

Dikutip dari harkahislamiyah.com, Imam Abdurrazaq dalam kitab Al-Mushannaf meriwatkan; “Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya.

2. Ibarat Sedekah di bulan Ramadhan
Diriwayatkan bahwa Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah pernah berkata tentang keutamaan sedekah hari Jumat. Beliau berkata; “Keutamaan sedekah di hari Jumat dibanding semua hari dalam sepekan seperti keutamaan sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”

3. Didoakan Malaikat
Di pagi hari, sedekah juga menjadi keutamaan terutama di hari Jumat. Hal ini seperti sabda Nabi Muhammad SAW, “Setiap pagi hari di mana para hamba berada di dalamnya, ada dua malaikat yang turun seraya malaikat pertama berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi orang yang bersedekah ganti. Dan malaikat satunya lagi berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi yang tidak mau bersedekah (pelit) kebinasaan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Tips Bersedekah

Berikut tips bersedekah agar terasa lebih mudah dan ringan.

1. Niatkan Karena Allah SWT
Meskipun jumlahnya kecil, tapi jika dilakukan dengan niat ikhlas untuk konsisten melakukannya, insyaallah akan membawa keberkahan dan pahala yang besar bagi kita.

2. Buat Anggaran Sedekah
Dianjurkan agar membuat tabungan khusus untuk kita bersedekah. Niatkan dan lakukan secara rutin bahwa itu memang untuk bersedekah.

3. Meneladani kebiasaan Nabi
Supaya bisa mendapatkan makna dari bersedekah, kita bisa mepelajari bagaimana Nabi dan para sahabat di masa lalu dalam menginfakkan hartanya di jalan Allah. Bagaimana Umar Bin Khattab, Abu Bakar, Utsman, tidak ragu menggelontorkan hartanya untuk Islam.

BACA ARTIKEL KHAZANAH ISLAMI LAINNYA DI SINI

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved