Breaking News:

Editorial

Penanganan Covid-19, Bersinergi dengan Warga

PRIHATIN, ketika pemerintah dan sebagian masyarakat berjibaku melawan Covid-19 masih ada kelompok lainnya yang tak mempercayai wabah ini ada.

Editor: Deddy Rachmawan
istimewa
Tim Gabungan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang terdiri dari TNI-Polri dan Pemprov Jambi melakukan penyemprotan disenfektan di pusat keramaian di Kota Jambi. 

PRIHATIN, ketika pemerintah dan sebagian masyarakat berjibaku melawan Covid-19 masih ada kelompok lainnya yang tak mempercayai wabah ini ada.

Makin prihatin ketika mereka terang-terangan menunjukkan penolakan penerapan protokol kesehatan, menolak vaksinasi, termasuk melakukan mudik saat ada pelarangan.

Tak hanya di media sosial, di dunia nyata pun tak segan berdebat, berbantahan kata dengan petugas.

Memaksakan kehendak, hingga melontarkan kata-kata yang tak lagi bisa ditolerir.

Namun syukurnya, ada kelompok masyarakat lainnya yang menyediakan diri untuk meng-counter
opini mereka.

Sehingga opini berbalas opini, tak harus repot face to face menghadapi kelompok ini.

Saat ini pun kita merasa gamang dengan prediksi akan terjadinya ledakan kasus Covid-19 di Indonesia. Karena setidaknya aktivitas mudik yang dilakukan sekelompok warga ini masih terjadi.

Baik sebelum pelarangan mudik, dan akan kembali setelah masa penyekatan berakhir.

Secara teori, ledakan kasus diprediksi terjadi dua bulan sejak pelarangan diberlakukan. Jelang waktu tersisa, adakah hal luar biasa yang bisa dilakukan untuk menangkal sedari dini?

Jika pemerintah telah menyiapkan tambahan fasilitas isolasi dan tenaga kesehatan, kewaspadaan dari warga juga menjadi faktor cukup penting.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved