Breaking News:

Berita Internasional

China Makin Mendominasi Buat Ahli Strategi Was-was, Beijing Diutus Buat Pangkalan Militer di Pasifik

Bahkan, saat kondisi di Laut China Selatan sedang memanas, Beijing juga diisukan mulai mengincar pulau-pulau di Samudra Pasifik.

Editor: Andreas Eko Prasetyo
ILUSTRASI
Ilustrasi pangkalan militer 

TRIBUNJAMBI.COM - China yang semakin perkasa dan bahkan mendominasi membuat para ahli strategi mulai ketar-ketir.

Bahkan, saat kondisi di Laut China Selatan sedang memanas, Beijing juga diisukan mulai mengincar pulau-pulau di Samudra Pasifik.

Sejumlah ahli strategi Barat ikut khawatir, Tiongkok pun akan mengubah pulau-pulau itu sebagai pangkalan militer baru mereka.

Melansir Kompas.com, kekhawatiran ini berawal dari laporan bahwa China bakal segera memperbaiki sebuah lapangan terbang di pulau terpencil di Republik Kiribati, Pasifik.

Pangkalan militer Laut China Selatan
Pangkalan militer Laut China Selatan (SCMP)

Diketahui, China dan Republik Kiribati memang memiliki hubungan kerja sama yang erat.

Keduanya sepakat memulai proyek kerja sama terbaru, termasuk dengan investasi, infrastruktur, perdagangan dan juga pertukaran budaya.

Dilansir dari Reuters, anggota parlemen Kiribati, Gilbertese Tessie Lambourne mengatakan China memang telah berjanji akan memperbaiki lapangan udara di Pulau Kanton negera mereka.

Namun tak diketahui apakah lapangan udara itu berkaitan pula dengan proyek Belt and Road Initiative yang diusung China.

“Pemerintah belum membagikan biaya dan detail lainnya selain studi kelayakan untuk perbaikan landasan pacu dan jembatan,” ujar Lambourne kepada Reuters.

Melansir Sputnik, Kamis (6/5/2021), di sudut barat Pulau Kanton memang teradapat lapangan terbang bekas Angkatan Laut AS.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved