Breaking News:

Mendalami Ilmu Agama, Warga Binaan Lapas Jambi Aktif Beribadah Selama Ramadan

Kasi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik (Binadik) Lapas Kelas IIA Jambi, Jatmiko menyatakan, selama bulan Ramadan di 2021 ini, pihak Lapas menjalanka

Tribunjambi/Monang
Warga Binaan Lapas Jambi Aktif Beribadah Selama Ramadan 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Warga binaan Lapas Klas IIA Jambi, mendalami ilmu agama dan aktif beribadah selama Ramadan 1442 Hijiriah.

Kasi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik (Binadik) Lapas Kelas IIA Jambi, Jatmiko menyatakan, selama bulan Ramadan di 2021 ini, pihak Lapas menjalankan kegiatan keagamaan seperti puasa, salat wajib berjamaah, salat tarawih berjamaah dan tadarus.

Tidak semua warga binaan di lapas tersebut melakukan ibadah di masjid. Sebagian warga binaan melakukan ibadah salat di bloknya masing-masing, supaya tidak terjadi penumpukan orang.

"Saat malam kita buka kamarnya supaya bisa berkumpul di blok tengahnya. Lalu mereka salat di sana," ungkap Jatmiko, Rabu (5/5/2021).

Tambahnya, pada masing-masing blok, terdapat perlengkapan ibadah. Kemudian juga dihuni warga binaan yang memiliki ilmu agama yang cukup untuk mengajar.

"Mereka yang memiliki ilmu agama Islam yang cukup, memberikan ilmunya ke sesama warga binaan, serta menjadi pemimpin dalam beribadah," terang Jatmiko.

"Karena masa pandemi, pengajarnya tidak dari luar. Tapi warga binaan. Di sini ada banyak yang lulusan pesantren dan bisa di bidang dakwah. Jadi ada transfer ilmu di lapas," jelasnya.

Warga binaan di Lapas Kelas IIA Jambi juga melakukan pesantren kilat selama satu minggu. Pemandian dan pembungkusan jenazah dipelajari saat itu.

Tidak hanya itu, mereka juga mengikuti lomba baca Alquran. Lomba itu diselenggarakan dalam rangka memperingati ramadan dan hari bhakti pemasyarakatan.

Baca juga: Pimpin Apel Operasi Ketupat 2021, Al Haris Sebut Jangan Ada Orang Luar Masuk ke Merangin

Baca juga: Bu Guru Susan Sempat Lumpuh Usai Disuntik Vaksin Covid-19, Kondisinya Kini Berangsur Pulih

Baca juga: Pelaku UMKM 2021 Hanya Dapat Bantuan Rp 1,2 Juta, Hanya Setengah dari Tahun Sebelumnya

Penulis: Monang Widyoko
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved