Breaking News:

Pemkab Akui MHA-SAD, Tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Tebo

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo, akhirnya mengakui keberadaan Masyarakat Hukum Adat (MHA) Suku Anak Dalam (SAD)

ist
MHA SAD Kelompok Temenggung Apung di Desa Muara Kilis 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARATEBO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo, akhirnya mengakui keberadaan Masyarakat Hukum Adat (MHA) Suku Anak Dalam (SAD) di Desa Muara Kilis, Kecamatan Tengah Ilir dan MHA SAD Desa Tanah Garo, Kecamatan Muara Tabir, Tebo.

Pengakuan ini tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Tebo Nomor 330 dan Nomor 331 Tahun 2021 ditandatangani Bupati Tebo, Sukandar pada Senin, 26 April 2021.

SK ini mencakup pengakuan dan perlindungan terhadap MHA SAD Kelompok Temenggung Apung di Desa Muara Kilis, dan MHA SAD Kelompok Temenggung Ngadap di Desa Tanah Garo, sejarah singkat, sistem hukum adat, wilayah adat, dan struktur kelembagaan adat MHA SAD kedua kelompok tersebut.

Keputusan Bupati Tebo ini mendapat respon dari Ketua Yayasan Orang Rimbo Kito (ORIK), Ahmad Firdaus. Dia mengaku senang atas diterbitkannya keputusan itu.

"Ini adalah kado terindah bagi MHA SAD di bulan suci Ramadan tahun 2021 ini. Terimakasih Pemkab Tebo," kata Firdaus, Rabu (28/4).

Menurutnya, terbitnya Keputusan Bupati tersebut tidak lepas dari kerjasama semua pihak, baik dari MHA SAD, masyarakat beserta perangkat desa dan sejumlah lembaga serta aktivis lingkungan di Kabupaten Tebo dan Provinsi Jambi.

"Semua bersinergi mengawal dan mendorong sampai surat keputusan ini terbit. Alhamdulillah, perjuangan kawan-kawan tercapai," katanya.

Berharap Kelompok Lainnya Juga Diakui

KETUA Yayasan Orang Rimbo Kito (ORIK), Ahmad Firdaus mengapresiasi keputusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo, yang telah mengakui keberadaan Masyarakat Hukum Adat (MHA) Suku Anak Dalam (SAD) di Desa Muara Kilis, Kecamatan Tengah Ilir dan MHA SAD Desa Tanah Garo, Kecamatan Muara Tabir, Tebo.

Menurutnya, terbitnya keputusan ini, ada proses panjang yang dilalui sejak 2018 lalu. Mulai dari sosialisasi, kunjungan lapangan untuk memperjelas maksud dan tujuan, menggali sejarah dan membangun kesepahaman dengan warga sekitar.

Halaman
12
Penulis: HR Hendro Sandi
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved