Breaking News:

Berita Politik

Lika-liku Partai Ummat Bentukan Amien Rais, Berawal dari Pecah Kongsi PAN hingga Deklarasi Hari Ini

Partai Ummat yang digagas oleh mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Amien Rais akan dideklarasikan pada Kamis (29/4/2021) siang hari ini

kompas.com
Amien Rais saat memperkenalkan logo Partai Ummat pada Selasa (10/11/2020) 

TRIBUNJAMBI.COM - Partai Ummat yang digagas politisi senior Amien Rais akan dideklarasikan pada Kamis (29/4/2021) siang ini.

Deklarasi Partai Ummat ini rencananya digelar di Yogyakarta pada pukul 13.00 WIB dan dapat disaksikan secara virtual.

Kemunculan Partai Ummat berawal dari keretakan di internal Partai Amanat Nasional (PAN) setelah Kongres V PAN pada Februari 2020.

Partai Ummat berdiri imbas perbedaan sikap politik antara Amien Rais dan pengurus PAN, partai yang ia dirikan di awal era Reformasi dahulu.

Sejarah pendirian Partai Ummat tidak lepas dari dinamika yang terjadi pada Kongres V PAN pada Februari 2020 lalu yang beragendakan pemilihan ketua umum PAN periode 2020-2025.

Saat itu, Amien Rais mendukung Mulfachri Harahap sebagai calon ketua umum dan Hanafi Rais sebagai sekretaris jenderal, berhadapan dengan calon ketua umum petahana, Zulkifli Hasan.

Kongres yang sempat diwarnai kericuhuan dan aksi lempar kursi itu kemudian menetapakan Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum PAN.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyampaikan pidato sambutannya dalam pembukaan Kongres V PAN di Lapangan MTQ Tugu Persatuan, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (10/2/2020).
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyampaikan pidato sambutannya dalam pembukaan Kongres V PAN di Lapangan MTQ Tugu Persatuan, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (10/2/2020). (KOMPAS.com/ HARYANTI PUSPA SARI)

Tak lama setelahnya, Hanafi Rais yang merupakan putra Amien Rais mundur dari kepengurusan PAN dan anggota DPR pada 2020.

Amien Rais pun mengakui dirinya juga sudah hengkang dari partai yang ia besarkan karena perbedaan prinsip dan sikap politik.

"Saya sudah tidak di PAN sama sekali, saya sudah dikeluarkan oleh anak buah saya karena berbeda prinsip," ujar Amien Rais dalam acara diskusi virtual bertajuk Bahaya Komunisme di Dunia Islam, Kamis (23/7/2020), dilansir dari Kompas TV.

Halaman
1234
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved