Breaking News:

Bus Tetap Putar Balik Meski Hanya Sebagian Penumpang yang Tidak Miliki Hasil Swab

Sebanyak 9 Pos Pam penyekatan didirikan petugas, 6 di antaranya di batas darat antar Provinsi jambi, dua di pelabuhan, sementara jalur udara, terdapat

Tribunjambi/Aryo Tondang
Pos Batas Jambi-Palembang Dijaga Ketat Aparat, Pengendara Diperiksa dan Diswab Antigen 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sejak dikeluarkannya larangan mudik, melalui Peraturan Mentri Perhubungan Nomor PM 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19, Ditlantas Polda Jambi jaga ketat batas antar Provinsi Jambi.

Sebanyak 9 Pos Pam penyekatan didirikan petugas, 6 di antaranya di batas darat antar Provinsi jambi, dua di pelabuhan, sementara jalur udara, terdapat satu Pos Pam di Bandara Sultan Thaha.

Tepat pada 6 hingga 17 mei, seluruh moda trasportasi darat, laut dan udara akan diberhentikan total, dan tidak diizinkan beroperasi.

Sementara saat ini, perjalanan antar provinsi masih diizinkan, dengan ketentuan memiliki surat hasil keterangan GonoseC19, Swab PCR, dan Rapid Antigen.

Jika tidak dapat menunjukkan hasil keterangan tersebut, maka otomatis diarahkan putar balik ke tempat asal.

Dirlantas Polda Jambi, Kombes Pol Heru Sutopo menjelaskan, hal serupa juga berlaku pada moda transportasi Oto Bus, dimana, bus akan tetap diarahkan untuk putar balik, meski hanya sebagian penumpang tidak memiliki hasil swab.

"Sejauh ini, belum kita temukan yang seperti itu, namun, sebaiknya memang wajib putar balik, karena mereka ada di dalam satu ruangan," kata Heru, Kamis, (29/4/2021).

Hal tersebut ia ungkapan, berdasarkan masa inkubasi virus yang mencapai 7 hari.

"kalau dia tertular, bisa terdeteksi setelah 7hari,artinya harus isolasi selama 7 hari baru semua di swab lagi," bilangnya.

Namun demikian, ia mengatakan, secara teknis, yang memahami prosedur penanganan pelaku perjalanan yang memiliki hasil swab positif berada di wilayah Kepala BPBD.

Baca juga: 16 Ton Beras Lokal Petani Tanjabbar Dibeli, Pemda, Tunjangan ASN akan Diganti Beras

Baca juga: Pelayan Publik Lingkup Kemenag Kota Jambi Divaksin Covid-19

Baca juga: Serda Lutfi Anang Pamit dan Minta Doa, Istri Tak Sadar Ada Firasat KRI Nanggala-402 Akan Tenggelam

Penulis: Aryo Tondang
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved