Breaking News:

UMKM Jambi

Kreatif, OSIS SMAN 9 Dirikan UMKM Sebagai Program Kerjanya

Alih-alih hanya mengajukan program pentas seni yang membutuhkan dana yang tidak sedikit anggota OSIS ini malah mengajukan program wirausaha

( Tribunjambi.com / M Yon Rinaldi ).
Kreatif, OSIS SMA N 9 Dirikan UMKM Sebagai Program Kerjanya 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Program kerja OSIS SMA N 9 Kota Jambi ini bisa dikatakan kreatif untuk anak seusia mereka.

Alih-alih hanya mengajukan program pentas seni yang membutuhkan dana yang tidak sedikit anggota OSIS ini malah mengajukan program wirausaha yang erat kaitanya dengan UMKM.

Zakaria Harahap satu diantara guru pembimbing OSIS SMA N 9 Kota Jambi mengatakan dia cukup terkejut ketika anggota OSIS tahun ini mengajukan program wirausaha ini.

“Awalnya mereka mengajukan dana Rp 300 ribu sebagai modal usaha, namun karena melihat programnya menarik dan akan bermanfaat untuk mereka kelak, saya siapkan dana RP 5 juta,” Ujarnya beberapa waktu yang lalu.

Program wirausaha yang dilakukan oleh anggota OSIS ini tidak mencakup lini produksi, tapi hanya mengasah kemampuan pengemasan, penjualan dan strategi pemasarannya saja.

Untuk produksi, mereka memanfaatkan produk dari orang tua murid yang telah memiliki produk UMKM.

Rafif Gufar ketua OSIS SMA N 9 mengatakan bisa saja mereka memproduksi sendiri produk UMKMnya namun akan terkendala dengan waktu, apa lagi kawan-kawan juga masih diwajibkan untuk belajar.

“Di satu sisi ada beberapa orang tua siswa yang mempunya produk UMKM, jadi saya pikir kenapa tidak memanfaatkan itu saja,” Katanya.

Saat ini, program wirausaha dari OSIS ini telah mempunya dua produk andalan Makaroni dan Seblak goreng dengan berbagai varian rasa.

Selama bulan Ramadhan mereka membuka lapak di Jalan Sentot Ali Basa Selinca Jambi. setiap sore sekitar pukul 15.00 wib, mereka bergantian menjaga lapak jualan mereka. ( Tribunjambi.com / M Yon Rinaldi ).

Baca juga: Diduga Sedang Meracik Petasan, Kakak Beradik Tewas, Bagian Tubuh Terlempar Hingga 100 Meter

Baca juga: VIDEO Kabar Putus dari Karen Nijsen, Gading Marten Buat Pengakuan Begini

Baca juga: Rizky Febian Bikin Pernyataan Kontroversial Soal Keperjakaan, Sule: Ya Itu kan Urusan Pribadinya Dia

Penulis: M Yon Rinaldi
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved