Breaking News:

Pemkab Tanjab Barat Refocussing Anggaran Rp38 M untuk Penanganan Covid-19

Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat sudah memplot anggaran refocussing untuk penanganan Covid 19. Adapun anggaran refocussing

tribunjambi/samsul bahri
Kepala BPKAD Kabupaten Tanjabbar, Rajiun Sitohang 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat sudah memplot anggaran refocussing untuk penanganan Covid 19. Adapun anggaran refocussing yang telah dianggarkan lebih kurang sebesar Rp38 miliar.

Kepala BPKAD Kabupaten Tanjabbar, Rajiun Sitohang menyebutkan, ada Rp38 miliar yang dianggarkan untuk penanganan Covid-19 di Tanjabbar yang kemudian diplot untuk dua dinas.

"Lebih kurang untuk penanganan Covid itu sebesar Rp38 miliar yang kita anggarkan itu di BPBD dan dinas kesehatan. Yang paling besar itu ada di dinas kesehatan," katanya.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa untuk refocussing anggaran tersebut diambil dari beberapa OPD seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perumahan dan Permukiman. Kemudian juga ada dilakukan rasionalisasi dari belanja pegawai yang kisaran anggarannya sekitar Rp20 miliar.

"Untuk refocussing anggaran itu dari OPD yang ada seperti Perkim dan dinas PU. Kemudian kita juga lakukan efisiensi dari BTT kemudian kita lakukan rasionalisasi dari belanja pegawai. Saya rasa tidak ada kendala lah di kita dengan refocussing ini,"terangnya.

Di sisi lain, disampaikan oleh Rajiun bahwa untuk refucussing tahun ini, dari segi pertanggungjawaban berbeda dengan tahun lalu. Adanya refocussing tahun ini, anggaran yang telah disediakan diberikan kepada dinas terkait sesuai dengan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dinas.

"Dulu dana masuk ke BTT, kalau sekarang masuk ke DPA OPD itu perbedaan yang paling prinsip sehingga kita tidak buat regulasi lagi. Kalau dulu kita buat regulasi bagaimana menganggarkannya, bagaimana dia mengajukannya, bagaimana menggunakan pertanggungjawabannya. Kalau sekarang sudah di OPD," katanya.

Untuk diketahui tahun lalu Pemkab Tanjabbar menganggarkan dana penanganan Covid-19 di Kabupaten Tanjabbar sebesar Rp101 miliar. Namun dari anggaran Rp101 miliar itu terealisasi sebesar Rp38,5 M atau 38,08% dengan sisa sekitar Rp62 miliar. Adapun dana tersebut kini menjadi Silpa audit 2020 dan akan dianggarkan di APBD perubahan.

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved