Breaking News:

Berita Kerinci

Perangkat Desa di Kerinci Belum Bisa Gajian

Kadis PMD Kabupaten Kerinci, Syahril Hayadi dikonfirmasi mengatakan, hingga Senin lalu, lebih kurang 52 desa

Hai.Grid.ID
Ilustrasi gaji 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Miris yang dialami para perangkat desa di Kabupaten Kerinci. Jelang lebaran mereka belum juga ada tanda-tanda untuk gajian. 

Hal itu disebabkan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) untuk kabupaten Kerinci hingga pertengahan April 2021 ini belum juga dicairkan. 

"Ya, sampai saat ini belum cair, karena ada yang masih dalam proses mengusulan ke Dinas Pemdes dan ada juga di DPPKAD. Kalau kami sudah sampai di DPPKAD tadi kami urusnya," ujar salah seorang Sekdes di kabupaten Kerinci yang minta identitasnya tidak dipublis, Kamis (22/4).

Dia menjelaskan, setelah di DPPKAD ini dicek lagi semua berkas, jika sudah lengkap baru bisa dikirim melalui rekening desa. 

"Setelah itu sebelum cair diminta lagi rekomendasi dari Pemdes," tambahnya. 

Dia menyebutkan, karena Dana Desa belum cair, otomatis ADD pun belum cair. Sehingga gaji perangkat Desa yang bersumber dari ADD belum bisa dibagikan. 

"Kami harap jangan seperti tahun sebelumnya, ADD untuk Gaji kami tidak juga cair sampai lebaran," pintanya. 

Selain itu, belum cair cairnya Dana Desa (DD) juga membuat masyarakat Desa yang terdampak akibat pandemi Covid-19 ini belum terima BLT Dana Desa. Bukan hanya BLT Dana Desa, panitia Pilkades serentak kemarin juga belum terima honor.

"Hingga sekarang kami belum terima gaji sebagai panitia Pilkades serentak, kabarnya ADD belum juga cair," kata salah seorang panitia Pilkades.

Dia juga menambahkan, mungkin sekarang seluruh panitia Pilkades serentak kemarin sangat berharap ke pemerintah daerah Kabupaten Kerinci bisa cepat merealisasikan ADD dan juga DD untuk penyaluran BLT Dana Desa.

“Mudah mudahan pemerintah daerah kabupaten kerinci memperhatikan dan memikirkan kami yang lelah bekerja namun belum terima gaji,” harapnya.

Sementara itu, Kadis PMD Kabupaten Kerinci, Syahril Hayadi dikonfirmasi mengatakan, hingga Senin lalu, lebih kurang 52 desa yang telah selesai urus bahan untuk realisasi Dana Desa di Pemdes.

"Lebih kurang 52 desa telah siap dan mereka tinggal ke DPPKAD Kabupaten Kerinci untuk tahap selanjutnya. Tapi hingga sekarang belum tahu para kades telah selesai untuk tahap selanjutnya pencairan dana desa," pungkasnya.(*).

Baca juga: Terbaru, Atta Halilintar Positif Covid-19 untuk Kedua Kalinya, Aurel Hermansyah Isolasi Mandiri

Baca juga: Fatal, Terungkap Penyebab Kapal Tongkang Hantam Jembatan Orang Kayo Mustika Rajo

Baca juga: Sita Uang hingga Alat Kontrasepsi, Puluhan Gadis SMA Ditangkap Terlibat Prostitusi Via MiChat

Penulis: Herupitra
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved