Breaking News:

KPK Sampaikan MCP di Provinsi Jambi, Sungai Penuh dan Merangin Terendah

Direktur Koordinasi Supervisi I KPK, Didik Agung Widjanarko memaparkan, Pemkot Jambi mencatatkan MCP dengan angka tertinggi di Provinsi Jambi, yaitu 8

Tribunjambi/mareza
KPK Sampaikan MCP di Provinsi Jambi, Sungai Penuh dan Merangin Terendah 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat pencapaian Monitoring Control for Prevention (MCP) di kabupaten/kota di Provinsi Jambi tahun 2020.

Dari data yang disampaikan, Pemkot Sungai Penuh dan Pemkab Merangin masih berada di bawah standar yang telah ditetapkan.

Direktur Koordinasi Supervisi I KPK, Didik Agung Widjanarko memaparkan, Pemkot Jambi mencatatkan MCP dengan angka tertinggi di Provinsi Jambi, yaitu 82,09 diikuti Pemkab Tebo di angka 82,05 dan Pemkab Batanghari di angka 81,36.

"Sementara Pemprov Jambi nilai MCP-nya ada di 73,99. Ini masih di atas (standar)," katanya, dalam Rapat Koordinasi Pencegahan Korupsi se-Provinsi Jambi di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Rabu (21/3/2021).

Di bawah Pemprov Jambi, ada Kabupaten Bungo di angka 72,06, Pemkab Tanjung Jabung Barat 65,97, Pemkab Tanjung Jabung Timur 62,81, Pemkab Muarojambi 62,55, dan Pemkab Sarolangun di angka 62.

Sementara itu, Pemkab Merangin memperoleh MCP 56,8 dan Pemkot Sungai Penuh terendah di angka 47,74.

Monitoring Control for Prevention ini diukur berdasarkan delapan area, yaitu perecanaan dan penganggaran APBD, PBJ, PTSP, APIP, manajemen ASN, optimalisasi pajak daerah, manajemen aset daerah, dan tata kelola dana desa.

MCP ini, jelas Didik, merupakan upaya kolaborasi perbaikan tata kelola pemerintahan daerah, sekaligus upaya untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi.

Baca juga: 12 Honorer Termakan Janji Manis Pejabat Kemenag hingga Rela Beri Rp 2 Miliar, Kini Jadi Petaka

Baca juga: Begini Alur Pembuatan IUMK dan NIB Gratis untuk Pelaku UMKM di Jambi

"Pemerintah daerah bisa menyampaikan laporannya tanpa harus menunggu tim dari KPK datang. Nanti itu akan tercatat," jelas Didik.

Didik menjelaskan, Pemda wajib mengisi MCP.

Halaman
12
Penulis: Mareza Sutan AJ
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved