Breaking News:

UMKM Jambi

Kembangkan Lini Usaha UMKM di Kota Jambi Ini Lebarkan Sayap, Mampu Lewati Dampak Pandemi Corona

Karyawan dealer mobil yang ada dekat tempat usahanya juga jarang melakukan transaksi menyusul lesunya penjualan mobil baru kala itu.

Penulis: M Yon Rinaldi | Editor: Nani Rachmaini
(Tribunjambi.com / M Yon Rinaldi ).
Priadi pemilik Zeneca Foto Copy. ( Tribunjambi.com / M Yon Rinaldi ). 

 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pelaku UMKM memang terbukti mampu lebih cepat recovery di saat pandemi corona khususnya untuk yang mampu berinovasi dan mampu menangkap peluang pasar.

Satu pelaku UMKM Jambi yang mampu bertahan dan bangkit di saat pandemi corona adalah Zeneca Foto Copy. Sebelum pandemi Fotocopy ini hanya mengandalkan transaksi dari tugas anak sekolah yang ada di sekitar kelurahan selamet dan sekitarnya.

Namun semenjak pandemi dan sekolah diliburkan, omsetnya mendadak sepi, bahkan nyaris tidak ada omset.

Karyawan dealer mobil yang ada dekat tempat usahanya juga jarang melakukan transaksi menyusul lesunya penjualan mobil baru kala itu.

Namun, semua kendala tersebut tidak membuat UMKM ini terpuruk, malah memberikannya peluang untuk mengembangkan lini usahanya.

Hal ini berbanding lurus seperti yang dikatakan Suti Masniari Kepala Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi Jambi. Dalam suatu kesempatan dia mengatakan bahwa pandemi ini merupakan suatu peluang. Jika tidak ada pandemi pelaku UMKM akan terlena dengan market yang ada.

"Dengan adanya pandemi ini mereka terpacu mencari market yang luas," ujarnya beberapa waktu yang lalu.

Saat ini UMKM Zaneca mengembangkan usahanya ke bisnis percetakan, walaupun tidak full masuk ke bisnis  ini. Setidaknya dia mulai memproduksi Kartu nama, yasinan, spanduk sampai stiker.

Berkembangnya ke bisnis percetakan ini karena Priadi pemilik Zaneca melihat peluang kebutuhan kartu nama bagi sales mobil didekat outletnya.

Lalu berkembanglah sampai mampu membuat Yasin sampai stiker.

Priadi mengaku kalau untuk spanduk dia masih melemparnya ke percetakan yang memiliki alat lebih lengkap.

"Kita masih kekurangan alat, jadi untuk yang rada sulit pengerjaanya kita kasih pihak ketiga,"ujarnya beberapa waktu yang lalu.

Tidak hanya mengembangkan ke bisnis percetakan UMKM ini justru juga membuat semi rental komputer dengan menyediakan  beberapa komputer lengkap dengan koneksi internet untuk konsumenya. ( Tribunjambi.com / M Yon Rinaldi ).

Baca berita lain terkait UMKM Jambi

Baca juga: VIDEO Kesal Uang BLT Tak Kunjung Cair Suami Aniaya Isteri Pakai Batu Gilingan hingga Kritis

Baca juga: Cemburu Buta, Penjual Buah Kalap Tusuk Leher Istrinya hingga Tewas Demi Allah Saya Tidak Ada Niat

Baca juga: Honda Rebel Hadir Semakin Ekspresif dengan Sentuhan Warna Baru, Ini Spesifikasi Lengkap dan Harganya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved