Breaking News:

Berita Kota Jambi

Sopir Taksi Online di Jambi Terlibat Penyelundupan 135 Ribu Benur Senilai Rp 15,26 Miliar

Unit Tipidter Satreskrim Polresta Jambi ringkus 5 tersangka tindak pidana ilegal fishing penyelundupan benih lobster di Kotabaru.

tribunjambi/aryo tondang
Anggota Polda Jambi dan Satreskirm Polresta Jambi berhasil mengamankan tersangka penyelundup ratusan ribu benih lobster atau benur. Sopir Taksi Online di Jambi Terlibat Penyelundupan 135 Ribu Benur Senilai Rp 15,26 Miliar 

Sopir Taksi Online di Jambi Terlibat Penyelundupan 135 Ribu Benur Senilai Rp 15,26 Miliar

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Aryo Tondang

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Unit Tipidter Satreskrim Polresta Jambi ringkus 5 tersangka tindak pidana ilegal fishing penyelundupan benih lobster di kawasan trafic light, Kotabaru, Kota Jambi Selasa (14/4/2021) pukul 22.30 WIB.

Dari kelima tersangka, petugas berhasil amankan 135 ribu lebih benih lobster atau benur, yang dikemas dalam 23 boks Styrofoam.

Di mana, 130.667 ekor merupakan benur jenis pasir, kemudian jenis mutiara sebanyak 1.200 ekor dan jenis JR sebanyak 3.950 ekor.

Tidak tanggung-tanggung, nilai benur tersebut mencapai Rp 15,26 miliar lebih.

Sementara, 5 tersangka yang diamankan yakni, AB (46), AZ (39), NS (39) R (33) dan DF (29), kelima tersangka merupakan warga  Kota Jambi.

Satu tersangka berinisial NS (39) warga Simpang III Sipin, Kotabaru, Kota Jambi berprofesi sebagai sopir taksi online.

Dirreskrimsus Polda Jambi, Kombes Pol Sigit Dany Setiyono mengatakan, pengungkapan kasus ini berawal dari informasi masyarakat.

Informasinya akan ada  penyeludupan benur yang berasal dari luar Kota Jambi, dengan tujuan pelabuhan di Tanjung Jabung Timur, dengan melintasi Kota Jambi.

Bermodalkan informasi tersebut petugas langsung melakukan penyelidikan lanjutan. 

Tepat pada Selasa  13 April 2021 sekira jam 22.30 WIB, petugas melihat 2 unit mobil jenis Carry dan Avanza yang dicurigai membawa benih lobster melintas di lokasi.

Tim langsung bergerak cepat dan memberhentikan mobil tersebut, dan menemukan 23 boks styrofoam benur yang dimuat dalam mobil Cary.

Eko Tewas Usai Minta Mesum ke Kekasihnya di Kuburan, Ibu Korban Sedih Sebut Anaknya Sosok Penyayang

Tumpukan Sampah Rumah Tangga Meningkat Bulan Puasa, Dinas Perkim Muarojambi Tingkatkan Pelayanan

Suami Tewas Ditembak KKB, Istri Sembunyi Lima Jam di Kamar Mandi: Saya Masih Sempat Panggil Papa

"Untuk yang diamankan oleh Satreskrim Polresta ini berasal dari Palembang Sumatera Selatan, dan akan dikirim ke luar negeri," kata Sigit, Rabu (14/4/2021) siang.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kini para tersangka dijerat dengan pasal 88 Jo Pasal 16 ayat 1 UU no 45 tahun 2009 tentang perubahan atas UU no 31 tahun 2004 tentang Perikanan Jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Penulis: Aryo Tondang
Editor: Rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved