Breaking News:

Ternyata Begini Salat Tarawih Pertama di Masjid Cheng Hoo Jambi, 1 Ramadan 1442 H

Di Provinsi Jambi, masyarakat sudah melakukan Salat Tarawih pertama. Di antaranya di Masjid Cheng Hoo Jambi.

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Edmundus Duanto AS
Tribun Jambi/Monang Widyoko
SALAT TARAWIH PERDANA - Umat Islam melakukan Salat Tarawih pertama pada 1 Ramadan 1442 H di Masjid Cheng Hoo Jambi, Senin (12/4). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriah pada Selasa, 13 April 2021. Ini menjadi penanda awal ibadah puasa bagi umat Islam di Indonesia dan dunia.

Seiring itu, pemerintah juga telah menerbitkan aturan tentang pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadan. Itu dibakukan dalam Surat Edaran Menteri Agama tentang Panduan Ibadah pada Ramadhan dan Idul Fitri 1422 Hijriah.

Di Provinsi Jambi, masyarakat sudah melakukan Salat Tarawih pertama. Di antaranya di Masjid Cheng Hoo Jambi.

H M Rusli, pencetus Masjid Cheng Hoo Jambi, sekaligus penasihat DPW Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Jambi, mengatakan deg-degan dalam mempersiapkan Salat Tarawih pertama di masjid ini.

"Karena ini merupakan persiapan yang pertama kali, kami sedikit deg-degan. Deg-degannya lebih ke apakah kami siap untuk memiliki kepengurusan yang baru untuk Masjid Cheng Hoo ini," ujarnya, Senin (12/4).

Dia pun membuat terobosan dengan melibatkan anak-anak muda dalam mempersiapkan Salat Tarawih pertama ini.

"Tapi saya mencoba membuat suatu terobosan yang melibatkan anak-anak muda. Jadi, kami telah melaksanakan gladiresik dan simulasi kecil lah, untuk tarawih kali pertama di sini," katanya.

"Spanduk-spanduk imbauan protokol kesehatan telah kami siapkan. Kemudian alat cuci tangan juga kami siapkan," tambahnya.

Rusli pun sangat bersyukur karena di 2021 ini umat Islam di Indonesia dapat melaksanakan Salat Tarawih.

"Ini merupakan rahmat yang luar biasa karena sebelum-sebelumnya tidak pernah ada larangan untuk beribadah tarawih. Namun karena kondisi Covid-19 mau tidak mau kita harus mengikuti anjuran itu dengan meniadakan Salat Tarawih tahun lalu," ungkapnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved