Breaking News:

Lawan Covid 19

Vaksinasi Termin kedua Belum Maksimal, Wabup Kunjungi Dua Puskesmas

Wakil Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Hairan didampingi oleh Kapolres Tanjabbar, AKBP Guntur Saputro melakukan kunjungan

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Fifi Suryani
tribunjambi/samsul bahri
Wabup Panggil Pihak Puskesmas Lubuk Kambing Soal Realisasi Vaksin Yang Tidak Maksimal 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Wakil Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Hairan didampingi oleh Kapolres Tanjabbar, AKBP Guntur Saputro melakukan kunjungan ke dua puskesmas yang ada di Tungkal Ilir, Selasa (30/3). Untuk kunjungan pertama dilakukan di Puskesmas Tungkal II, Tungkal Ilir.

Kunjungan ini dilakukan sebagai kesiapan dari Pemerintah Kabupaten Tanjabbar untuk proses vaksinasi di termen kedua yang diperuntukkan bagi lanjut usia. Sementara itu, untuk tahap satu kata Hairan berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan Tanjabbar telah terlaksana 100 persen.

"Jadi kunjungan hari ini untuk memastikan kesiapan tenaga medis kita untuk pelaksanaan vaksin di termen kedua untuk lansia. Untuk tahap pertama itu laporan dari dinas kesehatan sudah 100 persen," sebutnya.

Untuk vaksin tahap pertama di termen kedua ini telah dilaksanakan di Puskesmas II. Sementara pada kunjungannya di

Puskesmas Sungai Saren, Kecamatan Bram Itam belum melaksanakan tahap pertama termen kedua.

"Jadi memang vaksin belum didistribusikan. Makanya tadi kita minta untuk proses vaksinisasi ini dilakukan dengan cepat, jangan menunda-nunda. Kalau bisa cepat itu lebih baik. Kita minta kalau bisa pertengahan April sudah di mulai menyeluruh untuk termen kedua ini," pungkasnya.

Panggil Pihak Puskesmas Lubuk Kambing

WAKIL Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Hairan meminta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjabbar untuk menempatkan vaksin pada dua lokasi. Hal ini agar mempermudah pendistribusian pada sejumlah puskesmas yang ada di Kabupaten Tanjabbar.

Hal ini disampaikannya usai dari tinjauan yang di lakukan Hairan bersama dengan Kapolres Tanjabbar, AKBP Guntur Saputro di dua puskesmas yakni Puskesmas Tungkal II dan Puskesmas Sungai Saren. Ia menyebutkan, dari hasil laporan yang ada di wilayah Tungkal belum maksimal dalam vaksinasi.

"Jadi makanya kita minta ini untuk dibagi dua, karena kita kan ada RSUD Daud Arif dan RS Suryah Khairudin. Jadi untuk backup ini kita minta untuk bagi dua supaya tidak jauh," katanya.

Selama ini kata Hairan, vaksin masih disimpan pada ruang penyimpanan di Farmasi. Sehingga memang untuk wilayah Ulu kata Hairan harus menjemput jauh ke Tungkal untuk mengambil vaksin. Sehingga diharapkan pada termen kedua ini dengan penyimpanan yang ada di RS Suryah Kharudin wilayah ulu bisa maksimal.

"Hari ini yang paling sukses itu puskesmas tungkal Ulu. Sementara kalau yang memang kurang baik yang kurang maksimal itu di Puskesmas Lubuk Kambing. Pertama mungkin jauhnya jarak, dan kemudian bisa saja di tenaga medisnya," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, kata Wabup pihaknya akan memanggil pihak Puskesmas Lubuk Kambing untuk meminta penjelasan terkait dengan realisasi vaksin yang tidak maksimal di wilayah Lubuk Kambing.

"Kita akan panggil kita minta penjelasannya seperti apa," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved