Breaking News:

Liputan Khusus

Rehabilitasi Rawat Inap Pengguna Narkoba di Jambi yang Gratis Hanya di Kabupaten Sarolangun

Untuk Provinsi Jambi, satu-satunya yang dapat menggratiskan rehabilitasi rawat inap hanya Instalasi Ketergantungan Napz RSUD Chatib Quzwain Kabupaten

Tribunjambi/Aryo Tondang
Koordinator Bidang Rehabilitasi BNNP Jambi, Drg Mario Leonid Supusepa 

Untuk Provinsi Jambi, kata Mario, satu-satunya yang dapat menggratiskan rehabilitasi rawat inap hanya Instalasi Ketergantungan Napza RSUD Prof DR HM Chatib Quzwain atau RSUD Chatib Quzwain Kabupaten Sarolangun.

TRIBUNJAMBI.COM - DALAM menjatuhkan hukuman rehabilitasi terhadap pengguna, hakim harus menunjuk secara tegas dan jelas tempat rehabilitasi yang terdekat dalam amar putusannya.

"Adapun lembaga yang dimaksud adalah lembaga rehabiltasi medis dan sosial yang dikelola dan atau dibina dan diawasi oleh Badan Narkotika Nasional," tutur Drg Mario Leonid Supusepa, Koordinator Bidang Rehabilitasi BNNP Jambi.

Kemudian, Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta, rumah sakit jiwa (RSJ) di seluruh Indonesia (Depkes RI), Panti Rehabilitasi Departemen Sosial RI dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD).

Selain itu, tempat-tempat rujukan lembaga rehabilitasi yang diselenggarakan oleh masyarakat, yang mendapat akreditasi dari Departemen Kesehatan atau Departemen Sosial (dengan biaya sendiri).

Untuk menjatuhkan lamanya proses rehabilitasi, kata Mario, hakim harus dengan sungguh-sungguh mempertimbangkan kondisi/taraf kecanduan terdakwa. Artisnya, di situ wajib diperlukan adanya keterangan ahli dan sebagai standar dalam proses terapi dan rehabilitasi adalah sebagai berikut :

a. Program Detoksifikasi dan Stabilisasi: lamanya 1 (satu) bulan.

b. Program Primer: lamanya 6 (enam) bulan.

c. Program Re-Entry: lamanya 6 (enam) bulan.

Satu-satunya di Provinsi Jambi

Halaman
12
Penulis: Aryo Tondang
Editor: Deddy Rachmawan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved