Breaking News:

Berita Merangin

Direktur CV Piko Putra Merangin Sampaikan Pembelaan 

Ia juga menyebut kalau sudah menjadi kebiasaan dalam peminjaman perusahaan akan mendapatkan fee sebesar 2 persen.

tribunjambi/dedi nurdin
Empat terdakwa kasus korupsi linmas Kabupaten Merangin langsung ditahan usai sidang tuntutan, Rabu (10/3/2021) 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Zuli Handoko, Direktur CV Piko Putra Merangin sampaikan pembelaan setelah dituntut bersalah oleh Jaksa Penuntut Umum Kejari Merangin. Pembelaan terdakwa disampaikan melalui penasehat hukumnya pada persidangan Senin (22/3/2021) siang. 

Ami Setia, penasehat hukum terdakwa saat membacakan surat pembelaan menyebut bahwa Zuli Handoko tidak terbukti bersalah sebagaimana tuntutan Jaksa Penuntut Umum Kejari Merangin atas pelanggaran pada dakwaan primer. 

Ami Setia beralasan, kalau terdakwa selaku pemilik CV Piko Putra Merangin tidak terlibat aktif dalam perkara tersebut. Baik dalam proses lelang, pembahasan hingga input pengajuan penawaran. 

Melainkan, perusahaan milik terdakwa dipinjam oleh terdakwa Achiruddin. Mengigat sudah ada kesepakatan sebel lelang bahwa proyek pengadaan seragam dan atribut Linmas untuk pengamanan Pilkada Kabupaten Merangin tahun 2018 akan dikerjakan Achiruddin. 

Sebagai pemilik perusahaan, ia hanya mendapat fee dari peminjaman CV Piko Putra Merangin oleh Achiruddin. Nilainya sebesar dua persen dari nilai proyek yakni 15 juta rupiah. 

Ami Setia dalam pembelaannya juga mengatakan kliennya Zuli Handoko tidak tahu mengenai adanya beberapa berkas tambahan untuk memenuhi kebutuhan lelang karena dibuat langsung oleh Achiruddin. 

"Terdakwa bersedia meminjamkan CV Piko Putra Merangin untuk membayar pajak perusahaan karena pada saat itu ia belum mendapat pekerjaan," kata Ami membacakan pembelaannya. 

Ia juga menyebut kalau sudah menjadi kebiasaan dalam peminjaman perusahaan akan mendapatkan fee sebesar 2 persen.

Mengenai nilai fee 15 juta dari peminjaman perusahaan tersebut sudah dikembalikan oleh terdakwa. Yakni dititipkan kepada JPU Kejari Merangin selama proses hukum berlangsung. 

Sementara uang yang dicairkan untuk proyek pengadaan seragam dan atribut Linmas yang ditransfer melalui CV Piko Putra Merangin selaku perusahaan pemenang lelang telah diserahkan seluruhnya kepada Achiruddin yang mengerjakan pengadaan tersebut. 

Halaman
12
Penulis: Dedy Nurdin
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved