Home and Garden

Cara Merawat Aglonema Bagi Pemula, Jangan Lakukan Pemupukan Berlebihan

Cara merawat aglonema untuk pemula, beberapa kesalahan yang dilakukan seorang pemula dalam merawat tanaman aglonema terkadang bukan hal yang disengaja

Editor: Nurlailis
shutterstock
Cara Merawat Aglonema untuk Pemula 

TRIBUNJAMBI.COM - Simak cara merawat aglonema untuk pemula.

Beberapa kesalahan yang dilakukan seorang pemula dalam merawat tanaman aglonema terkadang bukan hal yang disengaja, lebih kepada kurangnya pengetahuan maupun pemahaman.

Umumnya, seorang pemula akan menganggap kalau tata cara perawatan tanaman aglonema yang mereka lakukan itu benar, meski kenyataannya tidak benar atau keliru.

Baca juga: Cara Ampuh Membuat Aglonema Tumbuh Subur dengan Pupuk

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Sisik pada Aglonema dengan Sabun Pencuci Piring

Apabila kamu merupakan seorang pemula dalam merawat aglonema, berikut ini 6 kesalahan dalam merawat tanaman aglonema yang biasa dilakukan oleh pemula, dilihat dari kanal Youtube Hobi Bunga, Senin (22/03/2021).

1. Penyiraman air yang berlebihan

Kekeliruan pertama yang biasa dilakukan pemula dalam merawat aglonema adalah melakukan penyiraman secara berlebihan atau terlalu banyak.

Jadi, menyiram aglonema itu tidak perlu terlalu banyak airnya, apalagi sampai membuat banjir ke bawah.

Penyiraman aglonema itu cukup membasahi bagian dari media tanam, tidak harus semuanya dan sampai banjir ke bawah media tanam, karena hal itu akan membuat nutrisi di media tanam malah terbuang percuma.

Jadi lakukan penyiraman secukupnya saja dan dilakukan 3 hari sekali, atau kalau memang cuaca lagi panas kamu bisa menyiramnya dua hari sekali.

2. Terlalu sering menyiram

Jadi, selain kuantitas penyiraman air yang tidak boleh berlebihan, jangan lakukan penyiraman air setiap hari pada tanaman aglonema.

Kalau penyiraman aglonema dilakukan setiap hari, hal itu malah akan membuat metan menjadi terlalu lama basah dan akhirnya berakibat pada akarnya membusuk dan batangnya menjadi lonyot.

3. Penyemprotan yang keliru

Penyemprotan tanaman aglonema juga kerap keliru dan dilakukan tidak pada waktu yang dianjurkan. Penyemprotan daun aglonema sebaiknya dilakukan setiap hari, tapi pada jam-jam tertentu, jadi waktunya tidak sembarangan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved