Breaking News:

Ramadhan 2021

Jelang Ramadhan 2021 Ini Cara Menjaga Stamina Tubuh Agar Tetap Bugar Saat Menjalani Ibadah Puasa

kita perlu mencari cara menjaga stamina tubuh agar dapat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 2021 dengan khusyuk

thelist.com
ILUSTRASI berolahraga sambil pakai masker 

TRIBUNJAMBI.COM - Tidak terasa sebentar lagi umat muslim akan menyambut bulan Ramadhan 2021.

Selama bulan Ramadhan 2021 umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa satu bulan lamanya.

Tapi selama menjalani puasa masih banyak di antara kita yang masih bingung bagaimana cara menjaga stamina tubuh agar tetap sehat dan bugar meski sedang menjalani ibadah puasa.

Menahan nafsu makan dan minum memang membuat tubuh menjadi lemas, sehingga kita perlu mencari cara menjaga stamina tubuh agar dapat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 2021 dengan khusyuk.

Menjelang Ramadhan 2021, ada beberapa cara menjaga stamina tubuh yang bisa Tribunners lakukan supaya fisik kita tidak lemas ketika menjalani puasa.

Baca juga: Bacaan Niat Puasa Qadha untuk Ganti Utang Puasa Sebelum Bulan Ramadhan 1442 Hijriyah

Baca juga: Cara Agar Tak Dehidrasi Saat Puasa Ramadhan 2021 Cukupi Minum Air Putih & Kurangi Minuman Berkafein

Baca juga: Resep Aneka Ayam Suwir Enak dan Mudah Inspirasi Menu Sahur Ramadhan 2021

Di wilayah Indonesia sendiri, masyarakat menjalani durasi puasa kurang lebih selama 13 jam.

Beberapa dari kita kadang merasa lemah lantaran harus menahan makan dan minum selama 13 jam.

Supaya tubuh tidak lemas dan tetap bugar selama menjalani ibadah puasa Tribunners bisa mengikuti beberapa tips atau cara berikut ini.

1. Jangan Melewatkan Sahur

Layaknya sarapan, sahur itu sangat penting untuk dilakukan saat berpuasa. Mengutip dari Kompas.com, sahur membantu menjaga kadar cairan tubuh, serta memberikan energi dan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas sampai waktu kita berbuka. Saat kita sahur, disarankan untuk mengkonsumsi makanan bergizi yang mengandung karbohidrat kompleks serta makanan yang tinggi akan serat dan protein.

2. Minum Cukup Air

Tribunners dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum air serta mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan, seperti sup, buah, dan sayuran. Dengan banyak meminum air, maka kebutuhan cairan tubuh kita yang hilang saat berpuasa akan tergantikan. Tapi perlu Tribunners ingat, meski disarankan untuk banyak minum air, kita tetap disarankan untuk mengurangi konsumsi minuman manis.

3. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Satu  di antara banyak cara agar tubuh tak lemas saat berpuasa dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Melansir dari TribunJakarta.com, cara kita mengatur gizi seimbang yang juga mengenyangkan adalah dengan membagi piring menjadi 6 bagian makanan. Maksud membagi piring menjadi 6 bagian di sini adalah 2 bagian untuk karbohidrat, 1 bagian makanan sumber protein, 2 bagian sayur-sayuran, dan 1 bagian untuk buah-buahan.

4. Mengatur Porsi Makan

Lantaran menahan makan dan minum seharian, membuat kita sering kalap dalam mengkonsumsi banyak makanan saat berbuka puasa. Perlu kamu ingat tidak baik makan maupun minum berlebihan saat berbuka. Ketika hendak berbuka puasa, Tribunners disarankan mengkonsumsi makanan ringan terlebih dahulu, seperti kurma dan air putih, sebelum makan makanan berat.

5. Jangan Malas Gerak (Mager)

Meski tubuh kita sering merasa tidak memiliki energi untuk melakukan aktivitas, tapi hal itu bukan menjadi alasan untuk malas gerak alias mager. Meski sedang berpuasa, kita tetap disarankan meluangkan waktu setiap hari untuk beraktivitas fisik. Tidak perlu melakukan kegiatan fisik yang berat. Tribunners bisa memulainya dengan berjalan kaki keliling rumah.

Itu dia beberapa cara menjaga stamina tubuh agar tetap sehat dan bugar saat menjalani puasa. Yuk tetap sehat selama berpuasa Tribunners.

Berita Lainnya Terkait Ramadhan 2021

Artikel ini telah tayang di Grid.id dengan judul Jelang Ramadhan 2021, Berikut 5 Cara Menjaga Stamina Tubuh Agar Tak Lemas dan Tetap Bugar Saat Menjalani Ibadah Puasa, https://www.grid.id/amp/042608480/jelang-ramadhan-2021-berikut-5-cara-menjaga-stamina-tubuh-agar-tak-lemas-dan-tetap-bugar-saat-menjalani-ibadah-puasa?page=all

Editor: Fitri Amalia
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved