Breaking News:

EDITORIAL

EDITORIAL - Misteri 730 Mangkuk Tiongkok

Temuan ratusan mangkuk itu membuat Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jambi turun ke lapangan untuk melihat langsung.

Tribun Jambi
Tribun Jambi Edisi Jumat (19/3/2021) 

WARGA RT 02 Parit Kerbau, Desa Mekar Alam, Kecamatan Seberang Kota, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, menemukan 730 buah mangkuk. Benda tersebut diduga barang antik dan ditetapkan sebagai objek diduga cagar budaya (ODCB).

Temuan ratusan mangkuk itu membuat Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jambi turun ke lapangan untuk melihat langsung.

Hasil penelitian, benda-benda itu produksi dari Tiongkok dan dibuat pada kurun waktu dinasti Song akhir hingga Dinasti Ming. Walaupun terkait dinasti ini masih menjadi perkiraan. 

Temuan ini tentu sangat menarik bagi arkeolog dan bisa untuk menelusuri jejak masa lalu Jambi.

Sampai saat ini belum diketahui apakah mangkuk itu sengaja ditanam, baru ditanam, atau memang sudah lama ditanam.

Perlu kiranya ada penelitian lebih lanjut terkait penemuan ratusan mangkok tersebut. Sebab, pemilik tanah maupun warga yang menemukan, tidak merasa tahu mengenai mangkuk tersebut.

Apalagi, hasil penelitian tim BPCB Jambi, terlihat kalau mangkuk itu sepertinya belum digunakan sama sekali. Kondisinya masih bagus, begitu juga glatsirnya.

Jika temuan itu ternyata berusia cukup lama, maka tidak tertutup kemungkinan itu berkaitan aktivitas perdagangan di masa lalu.

Nah, dalam hal ini tugas pihak terkaitlah seperti BPCB Jambi didukung Pemkab Tanjung Jabung Barat, untuk melakukan penelitian lebih lanjut terkait hal ini.

Bukan tidak mungkin, di wilayah Tanjung Jabung Barat di masa lampau erat terkait aktivitas perdagangan luar negeri. Bisa jadi, di sekitar wilayah temuan ratusan mangkok itu masih banyak bukti-bukti lain yang menguatkan. (*)

Baca juga: Misteri Temuan Ratusan Mangkuk Diduga Antik di Tanjabbar, Padahal Bertahun-tahun Parit Dibersihkan

Baca juga: Begini Akhir Cerita Tukang Bakso Cuanki Usai Aksi Meludahi Mangkuk Bakso Dagangannya

Baca juga: Promo AirAsia Dengan Rp 699000 Dapat Tiket dan Hotel Destinasi Lombok atau Danau Toba

Editor: Edmundus Duanto AS
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved