Breaking News:

Berita Tanjab Barat

730 Mangkok Temuan Warga di Tanjab Barat Diperkirakan Dibuat Pada Jaman Dinasti Ming

730 buah mangkok hasil temuan warga RT 02 Parit Kerbau, Desa Mekar Alam, Kecamatan Seberang Kota, diperkirakan produksi Cina

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Rahimin
ist
Penampakan mangkok diduga barang antik di Tanjabbar. 730 Mangkok Temuan Warga di Tanjabbar Diperkirakan Dibuat Pada Jaman Dinasti Ming 

730 Mangkok Temuan Warga di Tanjabbar Diperkirakan Dibuat Pada Jaman Dinasti Ming

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - 730 buah mangkok hasil temuan warga RT 02 Parit Kerbau, Desa Mekar Alam, Kecamatan Seberang Kota, Kabupaten Tanjung Jabung Barat di perkirakan produksi dari Cina. 

Hal ini diungkapkan Sigit, Kepala Bidang Registrasi dan penetapan terkait dengan pendataan ODCB di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jambi yang juga turun ke lokasi beberapa waktu lalu saat di konfirmasi, Kamis (18/3/2021). 

Tidak hanya itu, mangkok tersebut juga di perkirakan di buat pada kurun waktu dinasti Song akhir hingga Dinasti Ming. Namun, terhadap dinasti ini kata Sigit masih menjadi perkiraan.

Temuan 730 Buah Mangkok di Tanjab Barat Ditetapkan Sebagai ODCB, Produksi dari Cina

Tiga Kecamatan Ini Jadi Incaran Warga Ingin Menetap dan Miliki Rumah di Muarojambi

Kemenangan Wakil indonesia Babak Pertama di All England 2021 Pupus Setelah Dipaksa Mundur

"Untuk dinastinya itu antara kurun waktu di dinasti Song dan dinas Ming, tapi ini masih dalam tahap penelitian. Karena di lihat dari bentuk mangkok itu, dengan ada glatsir di mangkok itu,"ungkapnya

Di sisi lain, mangkok tersebut juga disebutkan oleh Sigit sepertinya belum digunakan sama sekali. Hal ini terlihat dari mangkok yang sama sekali masih dalam keadaan bagus, glatsirnya diungkapkan sigit juga masih bagus. 

"Jadi ini di produksi masanya, ada suatu hal. Ada proses deposisi bisa karena alam dan manusia. Jadi memang kondisinya masih bagus, glasirnya juga masih bagus masih utuh, masih seperti baru, belum di gunakan," tambahnya.

730 buah mangkok temuan masyarakat RT 02 Parit Kerbau, Desa Mekar Alam, Kecamatan Seberang Kota, Kabupaten Tanjung Jabung Barat
730 buah mangkok temuan masyarakat RT 02 Parit Kerbau, Desa Mekar Alam, Kecamatan Seberang Kota, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (tribunjambi/samsul bahri)

Katanya, munculnya temuan mangkok yang di produksi dari Cina dan di temukan di Kabupaten Tanjabbar di perkirakan berkaitan dengan aktivitas perdagangan. 

"Di konteks lebih umum itu jelas ada semacam aktivitas perdagangan di masa lampau, kalo spesifiknya perdagangan apa itu perlu penelitian lebih lanjut," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved