Breaking News:

Berita Daerah

IPAL RSUD Muarojambi Sudah Lama Rusak dan Tidak Berfungsi

Instalasi Pengelolaan Akhir Limbah (IPAL) di RSUD Ahmad Ripin Kabupaten Muarojambi PP sudah lama tak berfungsi.

tribunjambi/hasbi sabirin
IPAL RSUD Ahmad Ripin yang mengalami kerusakan dan tidak berfungsi lagi. 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Instalasi Pengelolaan Akhir Limbah (IPAL) di RSUD Ahmad Ripin Kabupaten Muarojambi PP sudah lama tak berfungsi.
Sebenarnya kerusakan IPAL RSUD Ahmad Ripin ini juga terbilang sudah cukup lama sejak tahun 2018 lalu. Pihak Direktur RSUD Ahmad Ripin Muarojambi Ilham sendiri mengakui kondisi IPAL tersebut memang tidak berfungsi karena ada mesin yang rusak.
"Sebenarnya tahun 2020 lalu kita sudah mengajukan anggaran perbaikan kepada pemerintah Kabupaten Muarojambi, namun dana nya direfocusing untuk penanganan Covid19,"kata Ilham Rabu (17/3).
Ia juga menyampaikan, di tahun 2021 ini mereka kembali mengajukan penganggaran agar kerusakan IPAL tersebut bisa segera diperbaiki. Akibat kerusakan IPAL ataupun sarana lainnya di RSUD Ahmad Ripin, mereka tidak bisa serta merta langsung memperbaikinya, karena mereka butuh penganggaran dan biaya.
"Kalau terjadi kerusakan kami tidak bisa serta merta memperbaikinya, karena kami butuh anggaran dan biaya, untuk perbaiki ini kita masih tunggu biayanya dulu baru diperbaiki,"ungkapnya.
Pada kesempatan itu juga, Direktur RSUD Ahmad Ripin juga ajak pihak media tinjau langsung kondisi kerusakan IPAL tersebut.
Terlihat, mesin dan penampungan akhir limbah medisnya tidak pernah diolah di IPAL tersebut, pipa dan mesin pompa nya juga terlihat sudah berkaratan dan tidak pernah difungsikan.
"Selama ini limbah cair medis di RSUD ini diendapkan pada septictank disetiap ruangan gedung yang ada. Kami berharap IPAL ini akan segera difungsikan dan mendapatkan anggaran nya ditahun ini,"sebut Ilham.
Ia juga berharap, kepada pemerintah dan DPRD Kabupaten Muarojambi melalui bagian keuangan daerah, anggarannya tidak terpangkas dan bisa dilakukan perbaikan. (TRIBUNJAMBI.COM/HASBI SABIRIN)

Penulis: Hasbi Sabirin
Editor: Hendri Dunan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved