Breaking News:

Health and Beauty

Hindari Penggunaan Obat Kumur Berlebihan, Tips Jaga Kesehatan Mulut saat Pandemi

Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, sebagian besar orang masih takut untuk melakukan pemeriksaan ke dokter, termasuk dokter gigi.

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Fifi Suryani
tribunnews.com
Ilustrasi: penggunaan obat kumur 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, sebagian besar orang masih takut untuk melakukan pemeriksaan ke dokter, termasuk dokter gigi.

Ada yang takut tertular virus karena mulut termasuk bagian tubuh yang menjadi perantara utama penularan Covid-19.

Namun sebenarnya, kita tidak perlu takut dan khawatir. Karena Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) telah memberikan panduan melakukan praktek tindakan gigi di masa pandemi ini.

Ketua PDGI Cabang Kota Jambi, drg Bob Martias memberikan tips aman pemeriksaan gigi di tengah pandemi.

Menurutnya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah para dokter harus mengenakan alat pelindung diri (APD) yang lengkap. Kemudian yang terpenting adalah sirkulasi udara ruangan harus selalu bersih dan selalu berganti.

"Yang jelas sirkulasi ruangan yang ada di ruangan praktik itu harus selalu berganti. Akan lebih baik lagi kalau ada UV sterilizer dan vacuum aerosol," ungkap Bob, Selasa (2/3/2021).

Dirinya pun menyarankan kepada pasien yang hendak ke rumah sakit atau pun praktek dokter gigi, mengusahakan agar tidak datang mendadak ke lokasi.

"Kalau bisa datangnya dengan mengkonfirmasi pada perawat atau pun dokternya langsung. Kemudian beritahu tentang keluhannya apa. Sehingga bisa terjadwal," ujarnya.

Hal ini bertujuan agar tidak ada penumpukan antrean di tempat praktek dokter gigi atau pun di rumah sakit.

"Tentu ini akan mengurangi tingkat penularan Covid-19 saat menunggu giliran pemeriksaan," terangnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved