Home and Garden

Cara Mencegah Aglonema Busuk Akar, Jangan Terlalu Banyak Menyiram Air

Simak cara mencegah aglonema busuk akar. busuknya akar aglonema ini ada beberapa penyebab, dan penyebab yang sering terjadi itu dikarenakan jamur.

Editor: Nurlailis
SHUTTERSTOCK/DROPSTOCK
Ilustrasi - cara mencegah aglonema busuk akar. 

TRIBUNJAMBI.COM - Simak cara mencegah aglonema busuk akar.

Merawat aglonema bisa dibilang gampang-gampang sulit.

Satu diantara masalah aglonema adalah busuk akar.

Baca juga: Manfaat Aglonema yang Bisa Menyejukkan Ruangan, Ketahui Pilihan Tanaman Lainnya

Baca juga: Tanaman Hias yang Butuh Kelembaban Tinggi, Ada Aglonema dan Sirih Gading

Pada awal-awal busuk akar aglonema terjadi, umumnya hal itu sulit untuk diketahui karena batang dan daun aglonema seperti tidak menunjukkan tanda-tanda terserang penyakit.

Namun, busuk akar aglonema seperti baru mulai menunjukkan tanda-tanda terserang penyakit ketika bagian akar dan batang bawah aglonema mengalami kerusakan di atas 60 persen.

Bagi kamu yang mengoleksi aglonema, tentu kamu tak ingin aglonema milikmu mengalami busuk akar yang bisa mengakibatkan kematian.

Lantas, apa saja penyebab busuk akar pada tanaman aglonema? Apakah ini disebabkan oleh kesalahan perawatan atau serangan hama?

Dilihat dari kanal Youtube Hobi Bunga, Kamis (04/03/2021), busuknya akar aglonema ini ada beberapa penyebab, dan penyebab yang sering terjadi itu dikarenakan adanya jamur.

Aglonema atau Sri Rejeki
Aglonema atau Sri Rejeki (ist)

1. Jamur

Jamur bisa saja hinggap ketika akar atau bonggol aglonema yang dipotong tidak kamu oleskan atau siram dengan fungisida, sehingga akar jadi terkena jamur.

Selain itu, jamur juga bisa muncul ketika repotting tanaman aglonema, kemudian media tanamnya tidak kamu sterilkan, maka dia akan kena jamur.

Jadi agar akar tidak terkena jamur yang berujung pada busuk akar, maka siram dengan fungisida, kira-kira 2 minggu sekali atau 3 minggu sekali.

Aglonema Red Kochin
Aglonema Red Kochin (internet)

2. Media tanam terlalu sering basah

Penyebab lain busuk akar aglonema bisa juga dikarenakan media tanamnya terlalu sering basah. Perlu kamu ingat, media tanam yang bagus itu bukannya basah, tapi lembap, sehingga tidak becek.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved