Breaking News:

Penyebab Kakao M Hapus Musik K-Pop dari Spotify, Belum Mencapai Kesepakatan Perjanjian Global

Musik K-Pop tidak ada lagi di Spotify karena Kakao M menghapus semua lagu yang mereka distribusikan. Kakao M telah memasuki masa kadaluarsa lisensi.

ist
Spotify akhirnya mengonfirmasi jika konten musik yang distribusikan oleh Kakao M telah memasuki masa kadaluarsa lisensi. 

TRIBUNJAMBI.COM - Sejak Senin (1/3/2021) musik K-Pop tidak ada lagi di Spotify karena Kakao M menghapus semua lagu yang mereka distribusikan.

Spotify akhirnya mengonfirmasi jika konten musik yang distribusikan oleh Kakao M telah memasuki masa kadaluarsa lisensi.

Dalam pernyataan resmi mereka, Spotify mengatakan kalau seharusnya persetujuan pembaruan lisensi itu dilakukan agar musik-musik tersebut bisa tetap didengar di Spotify.

Baca juga: Drama Korea yang Tayang Maret 2021, Ada Love Alarm 2 dan Joseon Exorcist

Baca juga: Daftar Pemenang KMA 2021, Dynamite BTS Gondol Daesang, Lengkap Nominasi Korea Music Awards ke 18

“Kami sudah berkerjasama dengan Kakao M selama 1,5 tahun, terlepas dari upaya terbaik kami, kesepakatan lisensi yang kami miliki dengan Kakao M (yang mencakup semua negara selain Korea Selatan) telah berakhir," jelas Spotify seperti dilansir dari NME.

Tak hanya itu, Spotify masih memberi harapan bagi penggunanya dengan mengatakan bahwa pihak mereka siap membantu pertumbuhan musik Korea Selatan secara global.

"Faktanya kami belum mencapai kesepakatan atas perjanjian global. Ini sungguh disayangkan untuk para artis, penggemar dan pendengar di penjuru dunia,” kata Spotify.

Ia menambahkan agar gangguan tersebut hanya bersifat sementara dan segera menyelesaikan secepatnya.

Kakao M telah mendistribusikan banyak lagu populer dari agensi K-Pop terbesar di Korea. Hampir semua lagunya pun masuk ke tangga lagu tahunan top 400 di tahun 2020 dari Gaon Music Chart.

Penyanyi IU atau Lee Ji Eun hari ini 16 Mei 2019 berulang tahun
Penyanyi IU atau Lee Ji Eun (Koreaboo)

Ratusan lagu K-Pop mulai dari MAMAMOO, Seventeen, IU, MONSTA X, GFriend, The Boyz, LOONA, Sunmi, (G)I-DLE dan masih banyak lagi, akhirnya tidak bisa lagi di dengarkan dari platfrom tersebut.

Beredarnya kabar tersebut, Epik High memberikan suara di media sosial mereka @blobyblo.

Halaman
12
Editor: Nurlailis
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved