Breaking News:

Berita Bisnis

Februari 2021 Jambi Alami Deflasi, Andil Terbesar Pada Komoditas Cabai Merah

Dikatakan Wahyudin, dari 24 Kota di Sumatera yang menghitung IHK, 20 kota mengalami deflasi, sedangkan empat kota inflasi...

Tribunjambi/Darwin
Ilustrasi. Harga cabai merah di Pasar Muara Bungo terjun bebas akibat pandemi Covid-19. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Senin (1/02/2021), BPS Provinsi Jambi merilis data, Pada Februari 2021, Kota Jambi mengalami deflasi sebesar 0,47 persen dan Kota Muara Bungo deflasi sebesar 0,46 persen. Komoditas utama yang memberi andil besar terjadinya deflasi yaitu cabai merah.

Wahyudin, Kepala BPS Provinsi Jambi menyampaikan, deflasi di Kota Jambi terjadi karena adanya penurunan indeks harga pada 5 (lima) kelompok pengeluaran.

yaitu kelompok Makanan, Minuman Dan Tembakau sebesar 1,51 persen, kelompok Kesehatan sebesar 0,11 persen, kelompok Informasi, Komunikasi, Dan Jasa Keuangan sebesar 0,82 persen, kelompok Rekreasi, Olahraga, Dan Budaya sebesar 1,28 persen, dan kelompok Perawatan Pribadi Dan Jasa Lainnya sebesar 0,28 persen.

“Komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya deflasi Kota Jambi Bulan Februari 2021 antara lain: cabai merah, daging ayam ras, bayam, kangkung, jengkol, telepon seluler, bioskop, emas perhiasan, sawi hijau, dan ikan lele,” jelasnya, Senin, (01/03/2021).

Sedangkan Deflasi di Kota Muara Bungo terjadi karena adanya penurunan indeks harga pada 3 (tiga) kelompok pengeluaran.

Yaitu kelompok Makanan, Minuman Dan Tembakau sebesar 1,55 persen, kelompok Perlengkapan, Peralatan Dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga sebesar 0,12 persen, dan kelompok Perawatan Pribadi Dan Jasa Lainnya sebesar 0,97 persen.

“Komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya deflasi Kota Muara Bungo adalah cabai merah, daging ayam ras, ayam hidup, emas perhiasan, telur ayam ras, ikan tongkol, kentang, petai, jengkol, dan beras,” ujarnya.

Laju inflasi tahun kalender1 dan “year on year”2 Kota Jambi pada bulan ini masing-masing sebesar 0,21 persen dan 1,70 persen.

Sedangkan laju inflasi tahun kalender dan “year on year” Kota Muara Bungo bulan ini masing-masing sebesar 0,04 persen dan 1,24 persen.

Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Jambi sebesar 106,45 dan Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Muara Bungo tercatat sebesar 105,98.

Dikatakan Wahyudin, dari 24 Kota di Sumatera yang menghitung IHK, 20 kota mengalami deflasi, sedangkan empat kota inflasi.

Deflasi tertinggi se-Sumatera terjadi di Kota Gunung Sitoli sebesar 1,55 persen dan sekaligus menjadi deflasi tertinggi secara nasional. Sementara itu deflasi terendah se-Sumatera terjadi di Kota Palembang sebesar 0,08 persen.

“Dari 90 Kota yang menghitung IHK di Indonesia, sebanyak 56 kota mengalami inflasi, dan 34 kota deflasi. Inflasi tertinggi
terjadi di Kota Mamuju sebesar 1,12 persen,” pungkasnya. (Tribunjambi/Vira Ramadhani)

Baca juga: 12 Hari Istri Tak Pulang ke Rumah, Suami di Muarojambi Dirundung Kerinduan dan Kekhawatiran

Baca juga: Dua Pekan Berjalan, Belum 100 Persen Sekolah SMA/SMK di Jambi Laksanakan PTM

Baca juga: Sebanyak 3.000 Vaksin Sinovac Kabupaten Tanjabbar Diperuntukkan untuk Pejabat Publik

Penulis: Vira Ramadhani
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved