Breaking News:

Lawan Covid 19

Warga Enggan Berobat ke Puskesmas, Khawatir Diperiksa Swab Antigen dan PCR

Jumlah warga yang datang ke Puskesmas untuk berobat selama pandemi Covid-19 mengalami penurunan. Warga enggan berobat ke Puskesmas

Penulis: Herupitra | Editor: Fifi Suryani

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Jumlah warga yang datang ke Puskesmas untuk berobat selama pandemi Covid-19 mengalami penurunan. Warga enggan berobat ke Puskesmas karena takut akan diperiksa kesehatannya melalui Swab Antigen dan Swab PCR jika mengalami gejala mirip Covid-19.

Satu tempat pelayanan kesehatan yang mengalami penurunan jumlah masyarakat yang datang untuk berobat adalah Puskesmas Kemantan Kecamatan Air Hangat Timur. Suasana di Puskesmas tampak sepi masyarakat yang datang untuk berobat sangat sedikit.

Hal itu diakui dokter yang bertugas di Puskesmas Kemantan, Winda.

"Meski telah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat untuk seluruh pelayanan di dalam puskesmas, namun Puskesmas tetap sepi dari kedatangan masyarakat yang ingin berobat," ungkapnya.

Dikatakannya, selain menerapkan protokol kesehatan, Puskesmas Kemantan juga menyiapkan kebutuhan untuk Swab Antigen dan Swab PCR jika sewaktu-waktu ada masyarakat yang datang berobat tapi memiliki gejala mirip dengan Covid-19.

Ia menduga berkurangnya jumlah masyarakat yang datang berobat ke Puskesmas karena takut akan diperiksa kesehatannya melalui Swab Antigen dan Swab PCR jika mengalami gejala mirip Covid-19.

"Sehingga banyak masyarakat memilih untuk tidak berobat ke Puskesmas," jelasnya.

Penelusuran Tribun selama hampir setahun pandemi Covid-19, Puskesmas di beberapa kecamatan dalam Kabupaten Kerinci memang tampak sepi.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved