Breaking News:

Berita Nasional

Calon Presiden dari Kalangan Militer Dinilai Lebih Baik, Elektabilitas Prabowo Subianto Tertinggi

Calon presiden dan wakil presiden dari kalangan militer dan sipil dinilai paling baik.Hal itu berdasarkan hasil survei Parameter Politik Indonesia

ist
Ahmadh Dhani dan Prabowo Subianto. Calon Presiden dari Kalangan Militer Dinilai Lebih Baik, Elektabilitas Prabowo Subianto Tertinggi 

Calon Presiden dari Kalangan Militer Dinilai Lebih Baik, Elektabilitas Prabowo Subianto Tertinggi Yang Lain

TRIBUNJAMBI.COM - Calon presiden dan calon wakil presiden dari kalangan militer dan sipil dinilai paling baik. 

Hal itu berdasarkan hasil survei Parameter Politik Indonesia. Di mana, calon presiden dan calon wakil presiden dengan komposisi militer- sipil dinilai paling baik oleh publik.

"Data survei secara konsisten mengamini asumsi meningkatnya kembali pamor capres berlatar belakang militer," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno dalam siaran pers, Senin (22/2/2021).

Baca juga: Diusung PKB dan Nasdem, Ridwan Kamil Malah Dikabarkan Merapat ke Golkar, Nurul Arifin Bilang Ini

Baca juga: Kompol Yuni Purwanti Sering Bertransaksi Dengan Bandar Narkoba, Ditangkap Bersama 11 Anak Buahnya

Baca juga: Warga Kuningan Mendadak Jadi Miliarder, Terima Rp 134 M Dari Proyek Waduk, Beli 300 Mobil dan Motor

Hasil survei, kombinasi latar belakang militer-sipil dinilai baik oleh 30,2 persen responden, atau lebih tinggi daripada kombinasi sipil-sipil yaitu 26,1 persen responden.

Untuk kombinasi sipil-militer dinilai baik oleh 18,6 responden, militer-militer dinilai baik oleh 11,1 persen responden, sedangkan 14 persen responden tidak menjawab.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang berlatar belakang militer juga menjadi sosok dengan elektabilitas tertinggi berdasarkan hasil survei tersebut.

Prabowo Subianto.
Prabowo Subianto. (ist)

"Data elektabilitas juga menunjukkan Prabowo Subianto menjadi figur tak tergantikan dari calon berbasis militer secara konsisten memimpin kompetisi capres 2024, baik pada skenario elektabilitas terbuka, maupun pada skenario elektabilitas tertutup," kata Adi.

Adapun calon berlatar belakang militer lainnya seperti Gatot Nurmantyo dan Moeldoko dinilai masih memiliki pekerjaan rumah untuk mampu bersaing dengan kandidat lain.

"Hanya AHY (Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Demokrat) yang relatif stabil meski elektabilitasnya cenderung stagnan dan tercecer dari calon lain," kata Adi.

Kisah FX Hadi Rudyatmo Setelah Tak Lagi Jadi Wali Kota Solo, Kini Menjadi Tukang Las

Baca juga: Warung D’Jes Wong Cirebon, Hadirkan Kualitas Hotel Bintang Enam, Sehari Laku 200 Item

Lowongan Kerja BUMN PT INTI untuk Lulusan SMA hingga S1, Tersedia 6 Posisi

Survei tersebut dilakukan pada tanggal 3-8 Februari 2021 dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang dipilih menggunakan metode simple random sampling dari 6.000 data target yang telah dipilih secara acak dari kerangka sampel.

Survei ini memiliki margin of error sebesar kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun pengumpulan data dilakukan dengan metode telepolling menggunakan kuesioner.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei Parameter Politik Indonesia: Capres-Cawapres Berlatar Militer-Sipil Dinilai Paling Baik"

Editor: Rahimin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved