Breaking News:

TRIBUN TRAVEL

Berikut Daftar 9 Varietas Buah Unggulan Khas Jambi yang Patut Tribunners Coba

Jika lagi musim Duren kamu bisa pergi ke Kumpe mencari duren jatuh di pondok duren. 

Istimewa
Ilustrasi. Nanas Jambi 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI - Provinsi Jambi tidak hanya penghasil perkebunan kelapa sawit, tetapi juga ada varietas buah unggulan lho!

Berikut daftar varietas buah unggulan Jambi yang patut tribunners coba.

1. Jambu Air Mayang Mangurai
Banyak tersebar di wilayah Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi. Tanaman ini mulai dikenal oleh masyarakat sejak tahun 1995. 

Perbedaan jenis jambu ini dengan jenis lain adalah tinggi pohon mencapai 8 meter dengan bentuk buah kerucut bulat terbalik, ukuran buah 6-8 cm, berdiameter 7-10 cm, rasa daging buah manis legit, warna buah mudah putih kehijauan, dan jika suda matang berwarna putih, musim berbuah di bulan maret, juni, agustus, oktober, dan desember.

Disamping itu Jambu Air Mayang Mangurai ini juga mengandung vitamin c 24,28 mg/100 gr, dengan kadar air 91,66%, dan kadar gula 6,95%. Sedikit serat, asam, dan lemak masing-masing tidak mencapai 1%.

2. Alpukat Varietas Betuah

Alpukat jenis ini mempunyai tinggi pohon mencapai kurang-lebih 10 meter. Dengan percabangan tajam menjulang ke atas, jumlah bunga 5-10 bunga, dan masa panen buah pada bulan april, oktober. Bantuk buah alpukat ini lonjong, sedangkan warna buah muda hijau tua dan buah masak berwarna hijau kekuningan.

3. Alpukat Varietas Pesako
Alpukat varietas pesako ini mulai berkembang dan dikenal masyarakat Jambi pada tahun 1977. Secara geografis, alpukat ini banyak dijumpai di wilayah Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi.
Tinggi pohon tanaman ini mencapai 15 meter dengan bentuk buah bulat panjang, ukuran buah 16-18 cm dengan diameter 9-11 cm.

4. Buah Nanas

Buah berduri ini di Jambi ada sentra perkebunan Nanas.
Lokasinya ada di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muarojambi.

Halaman
123
Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved