Pertanggal 1 Maret 2021, Beli Kendaraan Bermotor Bisa Tanpa DP Alias 0%, Ini Kriterianya

Adapun kabar gembira tersebut yakni, lembaga tersebut telah membuat kebijakan baru ketentuan uang muka alias down payment (DP) 0% kredit kendaraan ber

Pertanggal 1 Maret 2021, Beli Kendaraan Bermotor Bisa Tanpa DP Alias 0%, Ini Kriterianya
ist
Logo Bank Indonesia

TRIBUNJAMBI.COM - Bank Indonesia ( BI ) memberikan kabar gembira bagi masyarakat.

Adapun kabar gembira tersebut yakni, lembaga tersebut telah membuat kebijakan baru ketentuan uang muka alias down payment (DP) 0% kredit kendaraan bermotor untuk semua jenis kendaraan bermotor baru.

Kebijakan ini akan mulai efektif 1 Maret 2021 sampai 31 Desember 2021.

“Ini untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif. Namun, dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, Kamis (18/2/2021).

Baca juga: LKPJ 2020, Cek Endra Minta OPD Persiapkan Secara Digital

Baca juga: Promo Terbaru Superindo Jabodetabek 18-24 Februari 2021, Detergen Rp23.900, Tepung Terigu Rp9.490

Kebijakan ini merupakan kebijakan sambutan dari stimulus fiskal yang digulirkan oleh pemerintah, yaitu insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM).

Yang dimaksud dengan Kendaraan bermotor adalah kendaraan bermotor roda dua, kendaraan roda tiga atau lebih nonproduktif, dan kendaraan roda tiga atau lebih produktif.

Baik yang berwawasan lingkungan maupun tidak berwawasan lingkungan.

Ketentuannya, untuk pembiayaan dari bank-bank dengan rasio kredit atau pembiayaan bermasalah (NPL) secara bruto dan rasio KKB/PKB di bawah 5%, maka semua jenis kendaraan tersebut bisa dengan DP 0%.

Namun, bila pembiayaan dari bank-bank dengan NPL bruto maupun rasio KKB/PKB neto lebih dari 5%, maka untuk kendaraan roda dua baik yang berwawasan lingkungan maupun tidak serta roda tiga atau lebih nonproduktif baik yang berwawasan lingkungan atau tidak, ketentuan DP sebesar 10%.

Dan untuk roda tiga atau lebih produktif baik itu yang berwawasan lingkungan maupun tidak, ditetapkan ketentuan DP sebesar 5%.

Perry menambahkan, setelah masa berlaku kebijakan ini habis, maka pada akhir tahun ini akan dilakukan evaluasi untuk menentukan akan diperpanjang atau tidaknya kebijakan ini.

“Tapi diharapkan, evaluasi di akhir tahun nanti menunjukkan adanya peningkatan tingkat penyaluran kredit yang tentu saja untuk mendorong pemulihan ekonomi,” tandasnya.

Baca juga: Makanan untuk Mencegah Sakit Maag - Pisang, Kubis, Madu, Brokoli, Kembang Kol

Kriteria Mobil Baru yang Dikenai Pajak 0 Persen Mulai Bulan Depan

PEMERINTAH menyiapkan aturan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah atau PPnBM 0 persen untuk mobil baru dimulai Maret 2021 ( PPnBM mobil).

Halaman
1234
Sumber: Bangka Pos
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved