Breaking News:

Beri Pinjaman Tanpa Jaminan, Program Sahabat Ibu Koperasi BMT Al Ishlah

Lembaga pembiayaan syariah lokal nonbank di Jambi tetap menunjukkan eksistensi meski saat ini tengah pandemi dan secara teknologi jauh

Hai.Grid.ID
Ilustrasi pinjaman. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Lembaga pembiayaan syariah lokal nonbank di Jambi tetap menunjukkan eksistensi meski saat ini tengah pandemi dan secara teknologi jauh tertinggal dengan perbankan.

Satu diantara lembaga pembiayaan syariah yang tetap menunjukan eksistensinya yaitu Koperasi BMT Al Ishlah yang berlokasi di Jalan Kapten Patimura Gg. Melati.

Ketua Koperasi BMT Al Ishlah, Sri Rahayu mengatakan segala proses di Koperasi BMT Syariah Al Ishlah dilakukan dengan cara Islam, baik itu simpan pinjam maupun pembiayaan lainnya.

“Pada Koperasi BMT Al Ishlah, simpanan dalam bentuk mudharabah, wadi'ah dan titipan. Kalau untuk pembiayaan ada murabahah, ijarah, arrohn dan qordhul Hasan,” ujarnya kepada Tribun, belum lama ini.

“Disini tidak ada bunga, ya karena kita mengikuti syariat Islam,” tambahnya.

Sri melanjutkan, saat ini di Koperasi BMT Al Ishlah sedang ada program terbaru yaitu program pembiayaan dengan pola tanggung renteng dan berkelompok yang di beri nama "Sahabat Ibu".

Kelompok pada sahabat ini minimal 10 orang dengan 2 kelompok dan maksimal 25 orang dengan 3 kelompok.

“Pada program ini, berikan pinjaman tanpa jaminan,” ucapnya. Program ini mulai pada November 2019 dan saat ini sudah mempunyai anggota lebih dari 100 orang (khusus untuk program sahabat ibu).

Untuk keseluruhan sekarang anggotanya hampir mencapai 700 orang dan targetnya 2021 bisa 1.000 anggota.

“Program ini sempat terhenti karena pendemi Covid-19. Dan Alhamdulillah saat ini sudah jalan kembali,” ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Vira Ramadhani
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved