Breaking News:

Berita Muarojambi

Muarojambi Bakal Punya Lapas Kelas IIA, Begini Dukungan Pemkab pada Proses Pembangunannya

Lahan hibah dan aktifitas ini bagian dari komitmen Bupati sangat mensupport dalam program Kemenkum Ham untuk pembangunan lapas kelas IIA Jambi..

Hasbi sabirin
Kabupaten Muarojambi ke depan bakal memiliki lapas kelas IIA, hal ini dibuktikan beberapa waktu lalu kepala lapas kelas IIA Jambi, bersama Kepala dinas PUPR Muarojambi meninjau lokasi yang akan dibangun tersebut. 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI- Kabupaten Muarojambi ke depan bakal memiliki lapas kelas IIA, hal ini dibuktikan beberapa waktu lalu kepala lapas kelas IIA Jambi, bersama Kepala dinas PUPR Muarojambi meninjau lokasi yang akan dibangun tersebut.

Saat diketahui pembangunan lapas kelas IIA Jambi ini berlokasi di Desa Bukit Baling, Kecamatan Sekernan, Muarojambi.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Muarojambi Yultasmi beberapa waktu lalu mereka telah melakukan peninjauan lokasi pembangunan lapas kelas IIA tersebut bersama Kepala lapas Jambi.

"Pembangunan ini akan mulai dikerjakan tahun ini, namun, pembangunan lapas tersebut belum dilakukan secara menyeluruh,"kata Yultasmi saat dikonfirmasi Rabu (10/2/21).

Ia mengatakan, saat ini pihak Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) hanya membangun kantor teknis dan dapur untuk memulai tahapan pembangunan.

"Kita dari pihak PUPR Muarojambi juga ikut peninjauan kemarin, bertujuan untuk memuluskan rencana pembangunan lapas kelas IIA Jambi, kebetulan kondisi tanah di lahan itu tidak rata sehingga mereka membutuhkan bantuan dari Pemda Muarojambi agar mengerjakan landclearing serta cut and fill lokasi lahan tersebut,"jelasnya.

Saat ini ia mengharapkan bantuan dari pihak Pemda Muarojambi untuk landclearing serta cut and fill lokasi lahan yang masih berbukit.

Berdasarkan keterangan kepala lapas kelas IIA Jambi Emanuel Harefa kata Yultasmi, lapas yang akan dibangun di Bukit Baling tersebut memiliki kapasitas lebih besar dari Lapas Kelas IIA Jambi yang berada di Kota Jambi.

"Berdasarkan keterangan Kepala lapas kelas IIA Jambi Emanuel menyebutkan untuk kapasitas lapas di Muarojambi ini mencapai 500, sedangkan yang di Kota Jambi kapasitas nya hanya mencapai 218 orang,"ujarnya.

Ia juga mengatakan, lahan yang akan dibangun lapas tersebut memiliki lahan sekitar 6 hektar.

"Kalau permintaan mereka itu hal yang wajar, namun saat ini kami juga belum bisa melaksanakan sepenuhnya kalau itu belum teranggarkan, untuk sementara kami akan landclearing serta cut and fill lokasi lahan yang dipersiapkan dan diperlukan untuk bangunan-bangunan utamanya saja,"kata Yultasmi.

Lahan hibah dan aktifitas ini bagian dari komitmen Bupati sangat mensupport dalam program Kemenkum Ham untuk pembangunan lapas kelas IIA Jambi di Kabupaten Muarojambi, dengan keterbatasan anggaran tahap awal ini hanya kegiatan landclearing serta cut and fill lokasi lahannya saja.

"Kita mendukung, makanya kita Dinas PUPR turunkan unit alat berat untuk melakukan pemerataan tanah yang akan mereka bangun, kalau untuk bantuan bangunan fisik tentu prosesnya adalah melalui tahapan persetujuan APBD,"tutupnya 

(Tribunjambi.com/ Hasbi Sabirin)
 

--

Tantangan KPID Provinsi Jambi, dari Siaran yang Tidak Layak hingga Tayangan Iklan

Pemkab Sarolangun Masih Kaji Proses Pembangunan Gedung BNN Kabupaten

Travel Umrah dan Haji Belum Ada di Batanghari, Kemenag Hanya Layani Surat Rekomendasi Paspor

Penulis: Hasbi Sabirin
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved