Breaking News:

Femallenials

Kepedulian Kecil yang Konsisten akan Berdampak Besar, Kisah Thrifting dan Mental Healthy Jannah

Tidak sedikit mahasiswa yang peduli dengan lingkungan, dan tidak sedikit pula mahasiswa yang tidak peduli. Mulai dari membuang sampah

TRIBUN JAMBI/M KURNIAWAN
Jannah Friska S Purba 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tidak sedikit mahasiswa yang peduli dengan lingkungan, dan tidak sedikit pula mahasiswa yang tidak peduli. Mulai dari membuang sampah sembarangan hingga melakukan perusakan lingkungan secara nyata.

Sebaliknya, mereka yang peduli menjaga lingkungan dengan caranya masing-masing. Meskipun melakukan hal yang dianggap sepele tetapi sangat berdampak bagi lingkungan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat perubahan, hal kecil yang dilakukan terus menerus juga akan membuat perubahan yang besar.

Seperti Jannah Friska S Purba, Mahasiswa Universitas Jambi yang berkuliah Jurusan Fakultas Hukum Universitas Jambi semester 6. Ia mencoba membuat perubahan dengan thrifting.

"Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membuat perubahan, dan sekarang saya mencoba mengurangi limbah pakaian dengan cara thrifting, menjual pakaian yang masih bagus dan tentu saja saya juga membeli barang-barang bekas yang masih bagus," jelasnya.

Ide thrifting timbul ketika ia mulai terfikir, apa yang bisa ia bantu untuk membuat perubahan, dan Ini cara yang ia bisa untuk membantu mengurangi limbah pakaian, ia juga mengajak teman-temannya untuk menerapkan thrifting.

Tidak hanya menerapkan thrifting, ia juga selalu membawa pipet sendiri, karena ia sadar meskipun terlihat sepele, jika dilakukan terus menerus dan konsisten juga akan membawa dampak bagi lingkungan.

"Tidak hanya itu, saya juga membawa pipet sendiri, untuk mengurangi limbah plastik dan juga membawa tempat belanjaan sendiri jika berbelanja bukan di mal, karena di luar mal masih sering dikasih kantong plastik untuk tempat belanja," ucapnya.

Selain mengurangi limbah pakaian dan plastik, ia juga sangat peduli terhadap mental healthy dan feminisme. Jannah merasa di usia SMA maupun universitas kedua hal tersebut sangat rentan.

Kepeduliannya terhadap mental healthy dan feminisme dituangkan dalam bentuk tulisan di blog yang hingga saat ini masih berjalan dan rutin ia tulis.

Halaman
12
Penulis: Ade Setyawati
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved