Breaking News:

Berita Jambi

Masa Pandemi Covid-19, Perpustakaan Daerah Provinsi Jambi Imbau Gunakan I-Pustaka

Perpustakaan Daerah Provinsi Jambi saat ini membatasi jumlah pengunjung yang datang dengan mengurangi jumlah kursi yang ada di ruang baca.

tribunjambi/Monang Widyoko
Pengunjung di Perpustakaan Provinsi Jambi. Masa Pandemi Covid-19, Perpustakaan Daerah Provinsi Jambi Imbau Gunakan I-Pustaka 

Masa Pandemi Covid-19, Perpustakaan Daerah Provinsi Jambi Imbau Gunakan I-Pustaka

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Monang Widyoko

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Perpustakaan Daerah Provinsi Jambi saat ini membatasi jumlah pengunjung yang datang dengan mengurangi jumlah kursi yang ada di ruang baca.

Hal itu dikatakan Kabid Deposit, Otomasi, Pengembangan Koleksi, Layanan, dan Pelestarian, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi, Husni Thamrin.

"Saat pandemi ini kami mengurangi dan membatasi jumlah pengunjung yang datang. Yakni dengan menutup layanan anak. Kemudian pengurangan kursi di ruangan baca baik di deposit dan referensi," katanya saat Tribunjambi.com temui, Jumat (5/2/2021).

Melihat Perpustakaan Daerah Provinsi Jambi Saat Pandemi, Pengurus Kurangi 50 persen Kursi Pembaca

True Beauty Telah Tamat, Ini Kedekatan Moon Ga Young dan Hwang In Yeop di Balik Layar

Kisah Perjalanan Cristiano Ronaldo, Pernah Mengemis Burger Hingga Rumah Dipenuhi Tikus

Husni mengungkapkan biasanya sebelum pandemi gedung perpustakaan ini dapat menampung 300-400 orang pengunjung. Namun saat ini mereka membatasi 50 persen bahkan lebih.

"Sekarang kami mengurangi jumlah kursi yang ada. Dan juga memberikan batas-batas agar menghindari kerumunan di ruang baca. Kurang lebih saat ini perpustakaan hanya bisa menampung 135-150 orang pengunjung saja," ujarnya.

Dari data yang Tribunjambi.com peroleh, jumlah pengunjung perpustakaan saat sebelum dan saat pandemi Covid-19 sangat menurun drastis.

Pengunjung di Perpustakaan Provinsi Jambi.
Pengunjung di Perpustakaan Provinsi Jambi. (tribunjambi/Monang Widyoko)

Selama 2019 jumlah kunjungan perpustakaan sebanyak 271.312 kunjungan dengan jumlah anggota 2.905 orang. Pada 2020, jumlah kunjungan pun hanya menjadi 24.925 kunjungan. Dengan jumlah anggota 2.736 orang.

Di masa pandemi ini, pihaknya lebih menekankan masyarakat untuk melakukan peminjaman secara daring dengan melalui aplikasi I-Pustaka Jambi.

"Karena kondisi pandemi ini membuat ruang gerak kita terbatas, kami mengimbau juga untuk masyarakat yang ingin meminjam buku dapat melalui aplikasi I-Pustaka Jambi. Tentu ini dapat mengurangi intensitas tatap muka kita guna mencegah penyebaran Covid-19," jelasnya.

KPK Telusuri Wanita yang Diberikan Jam Tangan Mewah Oleh Edhy Prabowo

Tidak Fokus Pembangunan Infrastruktur, Pemkab Muarojambi Bakal Bakal Kembangkan Pariwisata

Promo Terbaru Alfamart 5 Februari 2021, Diskon Beras Minyak Kopi Susu Diapers Detergen Pembersih DLL

Menurutnya, untuk saat ini masih banyak orang lebih memilih membaca langsung dilokasi. Karena memang beberapa buku belum ada versi digitalnya, sehingga mau tidak mau masyarakat harus datang langsung untuk membaca buku tersebut yang ada di perpustakaan.

"Untuk saat ini koleksi buku konvensional kami sebanyak 70.000 koleksi dan sedangkan untuk I-Pustaka kami ada sebanyak 6.800 koleksi," katanya.

Pengunjung di Perpustakaan Provinsi Jambi.
Pengunjung di Perpustakaan Provinsi Jambi. (tribunjambi/Monang Widyoko)

Ia bilang, untuk koleksi buku digital sendiri akan terus melakukan penambahan koleksi. Mengingat kondisi pandemi Covid-19 belum tahu sampai kapan.

"Agar semua orang dapat membaca buku konvensional tanpa harus datang ke perpustakaan, kami akan berupaya terus menambah koleksi buku I-Pustaka kami. Mengingatkan buku digital ini sangat diperlukan pada masa-masa pandemi seperti saat ini," ujarnya.

Penulis: Monang Widyoko
Editor: Rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved