Breaking News:

AS Tuduh China Mendekat di Laut China Selatan, Lobi NATO Dorong AS Dongkel Presiden China Xi Jinping

Amerika Serikat menuduh China meningkatkan ketegangan di Laut China Selatan menyusul latihan militer yang digelar di Teluk Tonkin & Semenanjung Lizhao

ist
FILE : Kelompok kapal induk AS USS Theodore Roosevelt memasuki di perairan Laut China Selatan, berdekatan Teluk Filipina. 

TRIBUNJAMBI.COM, MOSKOW – Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat (PACOM) mengumumkan pada Jumat (29/1/2021) malam, penerbangan militer China selama seminggu terakhir tidak menimbulkan ancaman apa pun bagi kapal, pelaut, atau pesawat Angkatan Laut AS.

Amerika Serikat menuduh China meningkatkan ketegangan di Laut China Selatan menyusul latihan militer yang digelar di Teluk Tonkin dan Semenanjung Lizhao sepekan terakhir.

Dikutip dari Russia Today, Minggu (31/1/2021), pernyataan itu muncul tak lama setelah kelompok lobi pro-NATO menerbitkan proposal yang ditulis secara anonim berisi skenario konflik jangka panjang melawan Beijing.

Seorang pejabat yang berbicara tanpa menyebut nama mengatakan pesawat tempur China tidak pernah terbang mendekat dalam jarak 250 mil laut (463 km) dari kelompok kapal induk USS Theodore Roosevelt, di Laut China Selatan.

Tidak jelas apakah pernyataan itu merujuk pada penerbangan akhir pekan lalu dari Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat di dekat Taiwan, atau gerakan militer apa pun.

Pulau Taiwan yang diklaim China sebagai wilayahnya sendiri, tetapi telah diperintah para nasionalis yang kalah yang melarikan diri dari daratan pada revolusi 1949.

Komando Asia Pasifik Sebut Perilaku Beijing Agresif

Di sisi lain, PACOM menggambarkan aktivitas militer China sebagai bagian "pola perilaku agresif dan destabilisator".

Sebaliknya, Beijing menuduh kehadiran kapal AS di Laut China Selatan "tidak kondusif bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan itu. ”

Pada Kamis (28/1/2021), salah satu lembaga think tank terkemuka AS, Atlantic Council, menerbitkan sebuah makalah yang panjang, yang secara tidak biasa merahasiakan identitas penulisnya.

Halaman
1234
Editor: Rohmayana
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved