Berita Kota Jambi

Tidak Ada Anggaran Dari Kementrian Untuk Pelabuhan Ujung Jabung Tahun Ini, Bakri: Kita Usulkan Lagi

Padahal pelabuhan tersebut sangat diharapkan untuk segera beroperasi supaya dapat meningkatkan pereokonomian Provinsi Jambi.

Penulis: Zulkipli | Editor: Nani Rachmaini
Zulkipli
H Bakri 

TRIBUNJANBI.COM, JAMBI - Tahun ini Kementrian Perhubungan dikabarkan kembali tidak menganggarkan kelanjutan pembangunan Ujung Jabung di Kabupaten Tanjabtim.

Padahal pelabuhan tersebut sangat diharapkan untuk segera beroperasi supaya dapat meningkatkan pereokonomian Provinsi Jambi.

Kabar itu disampaikan oleh anggota DPR RI komisi V Dapil Jambi H. Bakri yang notabenenya merupakan mitra Kemenhub di parlemen. 

Kata Bakri, anggaran dari Kementrian tahun ini belum ada. Yang ada hanya pembebasan lahan jalan menuju Ujung Jabung yang dilakukan oleh pemerintah provinsi.

"Memang sudah disampaikan ke Pak Menteri saya dengan pak Hasan. Mudah-mudahan akan datang dianggarkan untuk ke sana. Insyaallah akan datang kita usulkan lagi," kata H Bakri, saat diwawarai Tribunjambi.com, Sabtu (30/1/2021).

Menurut Bakri, tidak adanya alokasi anggaran untuk pelabuhan Ujung Jabung tahun ini karena dampak dari pandemi covid-19.

"Jadi anggaran kementrian itu banyak dipotong. Jadi mendahulukan yang lebih utama dulu," ujarnya.

Kendati demikian, dikatakan Bakri, Komitmen Kemenhub pelabuhan tersebut tetap akan dilanjutkan hingga beroperasi.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Vahrial Adhi Putra menyebut sejak awal pembangunan, anggaran yang sudah terserap di Ujung Jabung telah mencapai Rp200 Miliar. Kemudian perhitungan dari Kementrian, masih dibutuhkan lagi sekitar Rp165 Miliar untuk mengoperasikan pelabuhan tersebut. 

"Di lapangan saat yang perlu saat ini adalah timbunan. Karena turap keliling sudah dibangun oleh Kementian. Namun timbunan belum, sehingga bangunan atas belum bisa dilakukan. Jadi untuk membuat elevasinya bisa digunakan, harus ada timbunan," bebernya.

Kendala lain belum bisa dioperasionalkanya pelabuhan Ujung Jabung ini adalah akses jalan menuju pelabuhan yang belum selesai. Hingga kini Pemprov Jambi melalui Dinas PUPR masih terus melakukan pembebasan lahan akses jalan menuju Ujung Jabung. 

Baca juga: LINK Nonton Tinju Dunia Caleb Vs Caleb, Live Streaming tvOne Minggu 31 Jan 2021, Duel Raja KO

Baca juga: Abu Janda Akan Diperiksa Polisi Pekan Depan Soal Cuitan Islam Agama Arogan Akankah Jadi Tersangka?

Baca juga: Salim Media Indonesia Mampu Produksi Kemasan Menarik Untuk UMKM di Jambi

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved