Breaking News:

Berita Sarolangun

Ini Kata Calon Gubernur Cek Endra Soal Sidang Pertama di MK

Paslon gubernur Jambi Cek Endra - Ratu Munawaroh melakukan gugatan hasil Pilgub Jambi 9 Desember lalu.

Penulis: Rifani Halim | Editor: Nani Rachmaini
Rifani halim
Cek Endra 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - 
Paslon gubernur Jambi Cek Endra - Ratu Munawaroh melakukan gugatan hasil Pilgub Jambi 9 Desember lalu.

Gugatan tersebut kini sudah masuk dalam tahap persidangan di mahkamah konstitusi, sidang perdana tersebut berupa penyampaian materi yang dituntut oleh pemohon dalam hal ini tim kuasa hukum pasangan calon nomor 01 tersebut. 

Cek Endra menjelaskan, dalam gugatan itu pihaknya fokus dalam mempertanyakan terdapat adanya pemilih yang melakukan pencoblosan tanpa memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. 

Lanjutnya, tentu berdasarkan Undang-undang, pemilih yang tidak memiliki KTP-el ataupun Suket tidak bisa melakukan pencoblosan. 

"Tapi ternyata di Jambi ini sesuai data di dukcapil ada 13 ribu lebih masyarakat yang belum memiliki e-ktp tapi sudah mencoblos," katanya. 

Bahkan untuk memperkuat gugatan itu, ia mengaku sudah melakukan verifikasi terhadap para saksi, termasuk surat pernyataan dari pada pemilih yang tidak memiliki KTP-el tapi mencoblos pada hari pemungutan suara pada 09 Desember 2020 yang lalu. 

"Kita sudah verifikasi terhadap saksi-saksi, bahwa per tps minimum dua orang tidak memiliki KTP-el tapi bisa mencoblos."

"Dan sudah tersampaikan semua data-data dan pernyataan dari pada yang bersangkutan bahwa mereka hari itu memilih dan belum pernah melakukan perekaman e-ktp, " terangnya.

Maka gugatan yang dilayangkan pun, sudah jelas, pihaknya meminta MK untuk memutuskan dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) lebih dari 236 TPS, yang tersebar di 9 Kabupaten dalam wilayah Provinsi Jambi 

"Gugatan kita kemarin sudah jelas, bahwa kita minta PSU beberapa tps yang diduga minimum dua orang di tps ada yang memilih tanpa E-KTP, lebih dari 236 tps tersebar dari 9 Kabupaten, kecuali Kita Jambi dan Sungai Penuh. Yang lain memang ada, termasuk Sarolangun, "katanya.
(Tribunjambi.com /Rifani Halim)

Baca juga: Beri Pelajaran Terhadap Kendaraan Odol, BPTD Wilayah V Jambi Potong Body Dua Truk

Baca juga: Promo Terbaru A&W Hari Ini 29 Januari 2021, Varian Paket Awesome Weekend Deals Dari Rp 8.000

Baca juga: Jalan Tol Jambi-Tempino, Penentuan Penlok Lancar, Masuki Tahap Konsultasi Publik

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved