Breaking News:

Bantuan Sosial Tunai

Penerima BST di Tanjabtim Berkurang Jadi 4.776 KK, Data Dipadankan dengan NIK dan KK

Pemerintah Pusat saat ini masih menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST). Di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) untuk tahun 2021

(Tribunjambi/A Musawira)
Ilustrasi: Warga kurang mampu menerima BST di Kantor Pos. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Pemerintah Pusat saat ini masih menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST). Di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) untuk tahun 2021 dialokasikan sebanyak 4.776 Kepala Keluarga (KK).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanjabtim, M. Ridwan melalui Kabid Perlindungan Pemberdayaan Jaminan Sosial, Herman Firdaus mengatakan, angka tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan dengan jumlah pada tahun 2020 lalu, sebanyak 6.747 KK.

Dijelaskannya, bahwa pihaknya telah menyurati Pemerintah Desa untuk dipadankan antara Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP dan KK 4.776 penerima BST.

Lanjutnya, saat ini NIK itu sedang diverifikasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanjabtim.

"Kita juga bekerjasama dengan Disdukcapil untuk dipadankan NIK nya. Jadi dari 4.776 KK itu bisa saja berkurang lagi," jelasnya.

Menurutnya, jika verifikasi itu sudah selesai dilakukan oleh Disdukcapil, maka untuk jumlah penerima BST berkemungkinan akan ada pengurangan. Namun untuk pengurangan jumlah tersebut, merupakan kewenangan dari Pemerintah Pusat.

"Kami di sini hanya mempadankanya saja, untuk keputusan terjadinya pengurangan itu dari Kementerian Sosial (Kemensos). Kita juga terus berkoordinasi dengan Kemensos," sebutnya.

"Selanjutnya, dengan pihak Pos kami juga terus melakukan koordinasi jika ada masyarakat kesulitan terkait dengan pengambilan BST," tambahnya.

Untuk diketahui, besaran jumlah BST yang terima masyarakat yang terdampak Covid-19 sebesar Rp 300.000 per KK. Saat ini BST yang telah diterima sudah tahap 10 di bulan Januari 2021 ini.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved